Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Untuk memudahkan pengesetan kelengkapan pemungutan suara dan penghitungan suara pada Pemilu 17 April 2019 nanti, KPU Kabupaten Lumajang sudah melakukan pengesetan secara bertahap. Pengesetan kali ini meliputi jenis sampul yang nantinya akan digunakan sebagai sampul surat suara dan formulir C hasil penghitungan suara. Sejumlah staff dan pegawai KPU Lumajang dikerahkan untuk melakukan pengesetan yang rencananya akan dilaksanakan seminggu kedepan di gudang logistic KPU Jl. Amanda Lumajang.

Ketua KPU Kabupaten Lumajang Siti Mudawiyah mengatakan pengesetan awal ini perlu dilaksanakan segera mengingat kebutuhan untuk sampul ini cukup banyak. Tinggal menyesuaikan dengan kegunaanya yang sudah tertera di bagian depan sampul. “Pengesetan ini hanya untuk memudahkan nanti jika mau memasukkan macam-macam formulir dan 5 jenis surat suara Pemilu” katanya, rabu (23/1).

Selaku Divisi Keuangan, Logistik dan Keuangan KPU Kabupaten Lumajang, Mudawiyah ingin memastikan kebutuhan sampul ini harus lengkap dan sesuai kebutuhan. Makanya dirinya ingin dilakukan pengesetan lebih awal biar nanti jika ada kekurangan bisa segera antisipasi. “Semua harus terpenuhi kelengkapan logisitiknya makanya perlu diketahui lebih sebagai antisipasi KPU jika kurang” tuturnya.

Dia berharap setelah surat suara diterima tinggal melakukan proses pelipatan dan setting packing. Sebab proses setting packing ini dilakukan bersamaan dengan kelengkapan TPS yang lain. Langkah terakhir pengesetan semua kelengkapan TPS, mulai surat suara, formulir, alat coblos, bantalan, tinta, ATK, dan tanda pengenal. “Semua kita masukkan kedalam kotak suara sesuai dapiDapil di Kabupaten Lumajang sebelum nanti didistribusikan ke TPS melalui PPK dan PPS” pungkasnya. (res)