Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Seratusan penyandang disabilitas di Kabupaten Lumajang mendapatkan sosialisasi Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang. Sosialisasi ini dititikberatkan pada pemberian akses yang mudah bagi penyandang disabilitas pada saat proses pemungutan suara nantinya. Anggota KPU Kabupaten Lumajang Muhamad Ridhol Mujib menyampaikan jika KPU akan memberikan akses yang sama kepada kaum difabel saat pencoblosan 17 April 2019. Hal ini disampaikannya pada saat sosialisasi Pemilu 2019 di tengah-tengah Kaum difabel yang tergabung dalam Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) kabupaten Lumajang di desa Pandanarum Kecamatan Tempeh Lumajang.

Caranya, kata dia lay out Tempat Pemungutan Suara atau TPS akan dibuat seramah mungkin bagi semua penyandang disabilitas. Mulai akses ke TPS hingga proses pencoblosannya akan diberikan template pada surat suara yang akan dicoblos. “Pemilu 2019 sudah menjadi kewajiban KPU untuk memberikan akses mudah bagi teman-teman difabel, jangan kuatir” ujarnya, minggu (11/11).

Ridho menegaskan bahwa Pemilu akses itu tak hanya diberikan saat pencoblosan saja. Namun saat pemutakhiran pemilih pun KPU mendata jumlah difabel yang ada di masing-masing TPS di seluruh Kabupaten Lumajang. “Ini untuk memudahkan pemetaan difabel di masing-masing TPS, agar pembuatan TPS nantinya tidak menyulitkan teman-teman difabel” tegasnya.

Bahkan dia meminta jika ada penyandang disabilitas yang ingin terlibat menjadi penyelenggara Pemilu khususnya di TPS bisa mendaftarkan diri menjadi KPPS nantinya. “Silahkan teman-teman mendaftar menjadi KPPS di desa masing-masing saat pendaftaran KPPS oleh PPS sekitar bulan maret 2019. Ini rekrutmen terbuka siapa saja yang memenuhi syarat mempunyai kesempatan yang sama menjadi bagian dari penyelenggara Pemilu” pungkasnya. (res)