Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang merampungkan proses penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilu Serentak 2019 pada Rabu (13/3).

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara diakhiri dengan selesainya surat suara jenis DPD RI.

Sempat jeda seminggu dikarenakan surat suara jenis DPD RI baru selesai cetak dan didistribusikan ke gudang logistik KPU Lumajang pada Senin (11/3) kemarin. “Proses pelipatan surat suara ini dimulai pelipatan surat suara jenis DPR RI, dilanjutkan DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, Presiden dan Wakil Presiden, serta diakhiri dengan DPD RI akhirnya selesai juga,” ujar Siti Mudawiyah Ketua KPU Kabupaten Lumajang 

Dengan selesainya proses sortir dan lipat surat suara, KPU Lumajang akan melanjutkan pemenuhan kebutuhan logistik Pemilu 2019 yaitu proses pengesetan sampul dan formulir per TPS yang akan dilakukan keesokan harinya, Kamis (14/3). “Usai sortir lipat, KPU akan melakukan setting packing sampul dan formulir sesuai Dapil dan TPS nya” imbuh Mudawiyah panggilan akrabnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, proses penyortiran dan pelipatan surat suara Kabupaten Lumajang dimulai pada Senin (25/2) lalu dan berjalan selama 10 hari, Sebanyak lebih dari 400 pekerja yang berasal dari warga sekitar terlibat dalam proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2019. (hes)