Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang memastikan bahwa dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H tahun ini, akan tetap menjalankan tahapan Pemilu 2019 dan Pemilihan Serentak 2018. Meskipun mulai Pemerintah sudah menetapkan cuti lebaran mulai tanggal 13-19 Juni 2018. Pernyataan ini disampaikan Ketua KPU Lumajang Siti Mudawiyah saat menerima Surat Edaran KPU RI tentang pelaksanaan tahapan di hari cuti lebaran tahun ini.

Dia menjelaskan meski cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1439 H cukup panjang tapi di dalamnya KPU mempunyai tanggungjawab besar melaksanakan tahapan Pemilu 2019 dan Pilkada seretnak 2018. Dari tingkat badan adhoc misalnya, sejak tanggal 12-14 Juni PPK harus melakukan Rapat Pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran untuk Pemilu 2019. Di tanggal 15-17 Juni ditetapkan di KPU Kabupaten Rapat Pleno terbuka penetapan DPHP menjadi Daftar Pemilih Sementara. “Setelah lebaran H+2 kita tetapkan DPS dengan mengundang Partai Politik Peserta Pemilu 2019, Panwaslu dan PPK yang membacakan hasil pleno di kecamatan” ungkapnya, kamis (14/6).

Sedangkan di tahapan Pilkada kata Mudawiyah, KPU masih melanjutkan urusan logistik Pilkada yang perlu penanganan cepat. Salah satunya yakni, setting dan packing formulir C dan D, surat suara serta kelengkapan TPS lainnya. Semua itu harus selesai sebelum tenggat waktu pendistrbusian ke PPK tanggal 22 Juni. “Itu sudah kita lakukan pengepakan setiap kecamatan untuk masing TPS. Itu butuh waktu dan ketelitian agar semua bisa terdistribusi ke bawah dengan lengkap” katanya.

Untuk pihaknya meminta do’a kepada seluruh masyarakat Lumajang agar seluruh jajaran penyelenggara mulai dari tingkat KPPS, PPS, PPK hingga KPU diberi kekuatan bisa menyelenggarakan amanah ini dengan baik. “Mohon do’anya Pilkada ini bisa berjalan lancar dan sukses sambil merayakan kemanangan Idul Fitri, mohon maaf lahir batin” pintanya.