Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang melakukan uji coba simulasi pengisian formulir C1 bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Lumajang.

Uji coba simulasi tersebut dilakukan ketika Rapat Koordinasi Teknis Kesiapan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2019 digelar pada Selasa (19/2) di Rumah Pintar Pemilu ‘Kirana Agung’ Kantor KPU Lumajang. Dalam rapat tersebut, hadir Ketua dan anggota divisi teknis PPK se-Kabupaten Lumajang.

Yusuf Adi Pamungkas selaku Komisioner KPU Lumajang Divisi Teknis Penyelenggaraan mengatakan bahwa rapat ini bertujuan untuk memastikan kesiapan pihak penyelenggara tidak hanya teori tapi juga praktek.

“Kebetulan dalam rakor kali ini difokuskan kepada kesiapan teman-teman PPK yang dibuktikan dengan praktek,” ujar Yusuf.

Simulasi yang dilakukan pada rakor tersebut adalah pengisian formulir C1 yang ada di TPS dan akan diisi oleh KPPS.

Formulir C1 merupakan salah satu rangkaian dari dua formulir perhitungan suara di tingkat TPS. Formulir C adalah berita acara dan C1 itu adalah hasil rekapitulasi dari hasil perhitungan suara yang didapat dari peserta Pemilu.

Menurut Yusuf, PPK harus bisa mengisi formulir C1 yang isinya perolehan suara seluruh peserta pemilu termasuk mencocokkan suara sah dan surat suara terpakai dengan jumlah pemilih yang mencoblos di TPS tersebut.

“Mereka kita pahamkan merekap perolehan suara DPRD Kabupaten sebagai contoh kasus,” tambah Yusuf.

Yusuf merasa uji coba simulasi ini sangat diperlukan agar teman-teman PPK khususnya memahami secara langsung menghitung perolehan suara yang dimasukkan dalam satu formulir perhitungan suara atau C1.

“Sehingga nantinya, mereka akan bisa mengantisipasi kesulitan yang dihadapi,” lanjutnya. (hes)