Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang terus berupaya meningkatkan kesadaran berdemokrasi melalui sosialisasi berbasis komunitas. Kali ini sasarannya adalah puluhan komunitas yang ada di wilayah Kabupaten Lumajang. Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Lumajang Muhamad Ridhol Mujib sejak awal mengatakan bahwa seluruh komunitas merupakan kelompok masyarakat yang dengan mudah dapat mengakses informasi melalui media sosial maupun perkumulannya hingga dapat menyalurkan inofrmasi kepemiliuan kepada keluarga, tetangga maupun lingkungannya. Agar nantinya warga yang lain tersebut lebih memahami tahapan Pemilu 2019 paling akbar dalam selama sejarah penyelenggaraan Pemilu di Indonesia.
Menurutnya, selain tahu kapan pelaksanaan Pemilu 2019 yang akan digelar yakni pada 17 April 2019, para komunitas ini harus tahu dulu tahapan-tahapan sebelum pelaksanaan pemungutan suara Pemilu. “Kalau hari coblosannya saya yakin para komunitas ini pasti tahu karena tergolong warga yang sering eksis di medsos, dan mudah mencari informasi” katanya, sabtu (8/12).
Tinggal tugas KPU Lumajang sekarang ingin menjelaskan tahapan apa saja yang akan dan telah dilakukan oleh KPU sebagai penyelenggara Pemilu. “Paling tidak setelah ini para pentolan komunitas ini bisa memberikan informasi kepada teman dan keluarganya apa saja persiapan KPU dalam melaksanakan Pemilu” terang Ridho.
Mulai pengecekan pemilih melalui aplikasi Pemilu, tahapan kampanye dan pengenalan peserta Pemilunya. Pemilu sekarang sudah canggih. Untuk mengetahui apakah sudah terdaftar sebagai Pemilih saja bisa dilakukan bisa mealui cek di aplikasi KPU RI Pemilu 2019. “Install saja aplikasi melalui Play Store di HP androidnya setelah itu masuk ke cek pemilih dan masukkan NIK dan Nama anda” ungkapnya kepada puluhan komunitas yang hadir.
Sedangkan pengenalan peserta Pemilunya pun, bisa diakses melalui website KPU Kabupaten Lumajang untuk Calon Anggota DPRD Kabupaten Lumajang, website KPU Jatim untuk Calon Anggota DPRD Provinsi dan DPD dan website KPU RI untuk Calon Anggota DPR RI dan Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2019. “KPU sekarang sudah berbasis teknologi semua memakai aplikasi termasuk daftar calon tetap peserta pemilu 2019 bisa dilihat di web KPU” jelas Komisioner KPU mantan wartawan ini.
Agar sosialisasi mampu diterima dengan mudah, Ridho memberikan beberapa pertanyaan yang harus dijawab untuk mendapatkan souvenir dari KPU. Bahkan untuk mendapatkan hadiah yang lebih besar peserta diminta menyanyikan jingle pemilu 2019. “Yang bisa menjawab pertanyaan sepeutar Pemilu kita kasih hadiah kipas, mug dan mangkok. Sedangkan yang bisa nyanyi jingle Pemilu hadiahnya payung” pungkasnya. (rez)