Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Perakitan kotak suara untuk kebutuhan Pemilu Serentak 2019 terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang.

Memasuki hari kedua, Selasa (12/2), KPU Lumajang telah menyelesaikan 3.325 kotak suara yang terdiri dari 3.281 kotak suara DPR RI dan 44 kotak suara jenis Presiden dan Wakil Presiden.

Hingga siang ini, proses perakitan kotak suara masih terus berjalan. Jenis kotak suara yang dirakit saat ini adalah kotak suara Presiden dan Wakil Presiden.

Ketua KPU Kabupaten Lumajang, Siti Mudawiyah mengatakan bahwa perakitan kotak suara diperkirakan akan selesai kurang lebih seminggu ke depan. Kotak suara harus selesai sebelum surat suara dikirim ke KPU Lumajang awal bulan Maret depan.

Dalam perakitan kotak suara di hari kedua, KPU Lumajang dibantu oleh pekerja tambahan sebanyak 15 orang.

Dalam target seminggu tersebut, seorang pekerja diasumsikan bisa menyelesaikan seribu sampai dengan dengan dua ribu kotak.

“Dalam satu jam saja pekerja bisa merakit 150 an kotak sehingga dengan mengerahkan 12 pekerja dan sebagian tenaga pendukung KPU bisa selesai tak sampai seminggu,” terang Siti Mudawiyah.

Proses perakitan 16.405 kotak suara ini dilakukan di gudang logistic KPU di Jalan Amanda, Lumajang. Kotak suara yang telah terakit ini nantinya akan didistribusikan ke 3.281 TPS di seluruh Kabupaten Lumajang melalui PPK dan PPS. Didalamnya akan beris sejumlah kelengkapan pemungutan dan penghitungan suara. (hes)