Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Dalam rangka audiensi, KPUM (Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa) STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) Widya Gama Lumajang berkunjung ke kantor KPU Kabupaten Lumajang, Jum’at (16/04/2021).

Kunjungan tersebut diterima oleh Ketua KPU Kabupaten Lumajang Yuyun Baharita, Anggota KPU Kabupaten Lumajang Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM Yusuf Adi Pamungkas, dan Divisi Progam dan Data Sohudi, serta Kepala Sub Bagian Teknis dan Hupmas Ida Nur Farida.

Dalam kesempatan tersebut, Febri selaku Ketua KPUM STIE Widya Gama Lumajang menyampaikan maksud dan tujuannya berkunjung ke KPU Kabupaten Lumajang.

“Tujuan kami datang kesini tidak lain adalah untuk belajar, agar nanti ketika kita menyelenggarakan Pemilu di kampus bisa lebih maksimal,” ujarnya.

Ketua KPU Kabupaten Lumajang Yuyun Baharita menyambut dengan baik kedatangan mahasiswa penggerak demokrasi di kampus tersebut.

“KPU Kabupaten Lumajang terbuka untuk siapapun yang mau belajar tentang demokrasi dan kepemiluan,” ungkapnya.

Selanjutnya, dalam kesempatan tersebut Yusuf Adi Pamungkas selaku Anggota Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM memaparkan tahapan-tahapan Pemilu yang dilakukan oleh KPU dan beberapa pengalamannya menjadi penyelenggara Pemilu di Indonesia.

“Dalam penyelenggaraan Pemilu, KPU tentunya harus Independen, harus punya pendirian kuat, hal tersebut juga harus diterapkan di kampus,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Yusuf menjelaskan betapa pentingnya belajar berdemokrasi sejak dini.

“Belajar berdemokrasi itu penting, karena sistem negara kita hingga saat ini masih itu, sedangkan implementasi dari sistem tersebut salah satunya adalah pemilihan umum yang menjadi tanggung jawab KPU,” paparnya.

(rsk/ysf/red).