Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Kegiatan sosialisasi Pemilu 2019 terus dilakukan Relawan Demokrasi kepada seluruh lapisan masyarakat Lumajang.

Pada Kamis (14/2), Relawan Demokrasi melakukan kunjungan dan melakukan sosialisasi secara personal non-budgeter kepada kelompok pengajian bapak-bapak Desa Wonorejo RT 12 dan 13 RW 05.

Dalam sosialisasi yang diikuti oleh 30 orang ini, Relawan Demokrasi memberikan pemahaman tentang materi Pemilu secara lengkap. Seperti waktu pelaksanaan pemilu, 5 jenis surat suara, total partai, dan tata cara mencoblos surat suara yang benar dan sah.

Relawan Demokrasi menyarankan warga agar mengecek nama mereka dalam Daftar Pemilih Tetap di kantor desa setempat.

Relawan Demokrasi yang merupakan kepanjangan tangan dari KPU Kabupaten Lumajang ini juga mengajak masyarakat agar menggunakan hak pilihnya dan tidak golput. Mereka juga menyarankan agar masyarakat memilih pemimpin sesuai hati nurani dan tidak terhasut money politik.

Khusyairi selaku ketua rukem mengatakan bahwa warga sangat terbantu dengan danya sosialisasi Pemilu ini.

“Sosialisasi pemilu ini penting dan sangat berguna. Mengingat masyarakat sekitar, khususnya di Desa Wonorejo banyak yang belum tau terkait jumlah dan jenis surat suara yang akan dipilih,” ujar Khusyairi.

Sementara itu, sosialisasi juga dilakukan oleh Relawan Demokrasi Basis Perempuan (Baper) di Desa Kedawung, Kecamatan Padang.

Mereka mengemas sosialisasi dengan cara Rumpi Cantik dan Rempong bersama ibu-ibu tukang penjamin uang.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti kurang lebih 25 orang. Relawan Demokrasi memberikan pemahaman tentang Pemilu yang meliputi jenis surat suara, waktu pelaksanaan Pemilu, tata cara mencoblos surat suara yang sah, serta ajakan untuk tidak golput pada 17 April nanti. (hes)