Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Jelang Pemilu 2019 yang kurang 61 hari lagi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang terus memastikan warga untuk ikut aktif berpartisipasi dalam pesta demokrasi yang digelar pada 17 April 2019 mendatang. Berbagai persiapan telah dilakukan termasuk permasalahan Daftar Pemilih di Kabupaten Lumajang.

Hari ini, Kamis (15/2), merupakan batas waktu tahap pertama rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) di seluruh Indonesia.

Seperti yang diketahui, DPTb merupakan kondisi dimana seseorang yang tak bisa menggunakan hak pilihnya di TPS terdaftar karena keadaan tertentu. Dan ia berhak untuk mendapatkan hak pilihnya di TPS lain.

Syamsul selaku Komisioner Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kabupaten Lumajang mengatakan bahwa tahap pertama rekapitulasi DPTb di Kabupaten Lumajang telah berjalan mulai pukul 09.00 pagi tadi.

“Alhamdulillah, Kabupaten Lumajang berjalan lancar,” ujar Syamsul.

Syamsul berharap rekapitulasi DPTb di Kabupaten Lumajang dapat diselesaikan sebelum Rapat Pleno yang akan digelar pada 17 Februari mendatang.

“Saya sudah minta sama teman-teman PPK tanggal 17 besok data harus sudah clear. Jadi kalau seandainya ada warga yang pindah, saya minta PPK segera mengkonsultasikan ke KPU, dia pindah ke kecamatan atau kabupaten mana,” tambah Syamsul.

Dalam proses rekapitulasi ini, KPU Lumajang terus memantau apakah masih ada DPTb yang belum terkonfirmasi. Jika ada yang belum terkonfirmasi, KPU Lumajang akan meminta PPK untuk mengurusinya.

“Kalau memang ada pemilih yang belum terdaftar, masih ada kesempatan. Tapi harapan saya, rekapitulasi DPTb selesai di tahap pertama. Jadi nanti kita mikir persoalan yang lain, bukan hanya DPTb saja,” lanjutnya. (hes)