Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Setelah melakukan perncermatan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan kedua (DPTHP-2) selama 60 hari, KPU kabupaten Lumajang akhirnya menetapkan DPT Pemilu 2019 sebanyak 836.504 pemilih. Penetapan ini dilakukan setelah PPK dan PPS melakukan coklit terbatas kepada pemilih baru yang belum terdaftar dalam DPT Pemilu 2019. Penetapan ini selain dihadiri peserta Pemilu 2019, Bawaslu beserta Panwascam se-Kabupaten Lumajang juga ikut menyaksikan penetapan DPT ini sekaligus diberi kesempatan memberikan masukan yang disampaikan melalui Bawaslu Kabupaten Lumajang.

Anggota KPU Kabupaten Lumajang Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Syamsul meminta dalam perbaikan hiingga ditetapkannya DPTHP-2 ini bukan berarti tidak ada peluang lagi bagi warga yang belum masuk dalam DPT. Namun hal tersebut KPU akan mengakomodir baik dalam DPTb maupun dalam DPK. “Tugas KPU masih panjang untuk pemutakhiran pemilih hingga tanggal 17 April 2019. Jadi warga jangan khawatir masih ada kesempatan untuk bisa memilih pada Pemilu kali ini” ujarnya, senin (12/11).

Untuk itu dia meminta kepada seluruh stakeholder bisa bekerjasama dengan KPU khususnya DISPENDUK CAPIL terkait informasi kependudukan yang ada di wilayah kabupaten Lumajang. “sebagai mitra KPU, Dispenduk Capil informasi kependudukan masih sangat kami butuhkan kedepan. tak hanya Pemilih Pemula tapi data warga meninggal pun masih kita butuhkan agar bisa dicermati oleh PPS kami” ungkapnya.

Syamsul meyakini jika kerjasama antara KPU peserta Pemilu dan sejumlah stakeholder yang ada berjalan baik, maka DPT Pemilu 2019 pun akan bisa sempurna seperti yang diinginkan bersama. “kemungkinan besar tak ada warga yang hak pilihnya terhapus jika DPT nya benar, apalagi sampai ada data ganda di semua desa” pungkasnya. (res)