Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Komisioner KPU Kabupaten Lumajang Rudy Hartono meminta kader PMII berperan aktif dalam setiap tahapan dalam Pemilu 2019 ini. Sebab di tangan generasi muda inilah masa depan bangsa ini akan menjadi lebih baik. Menurutnya, peran-peran strategis mahasiswa sangatlah dibutuhkan KPU demi terwujudnya Pemilu yang demokratis. Hal tersebut disampaikan Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Lumajang saat menjadi pembicara dalam dialog terbuka Peran Pemuda dalam Mengawal Pemilu 2019 yang digelar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Rayon IAIS Wonorejo, sabtu (12/1) di geduang NU Lumajang.

Rudy panggilan akrabnya menilai sejauh ini peran pemuda masih belum terlihat optimal, khususnya pada pengisian badan-badan adhoc penyelenggara pemilu. Terbukti disaat pembentukan PPK, PPS dan KPPS terkesan kesulitan mencari sumberdaya manusia di kecamatan mapun di desa atau kelurahan. “Contoh kecil belum maksimalnya peran pemuda (mahasiswa) terlihat saat Pilkada kemarin kita kesulitan mencari penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan maupun di desa” ujarnya.

Ruang-ruang strategis inilah seharusnya bisa diisi oleh mahasiswa sebagai agen of change, jika ingin melakukan perubahan proses demokratisasi pada momen pesta demokrasi seperti Pemilu 2019 ini. Untuk itu mulai hari ini KPU mengajak seluruh Pemuda bisa terjun langsung untuk mengawal proses demokrasi ini dengan menjadi bagian penting dalam penyelenggaraan Pemilu 2019. “Kita tunggu peran mahasiswa di Pemilu ini, banyak peluang yang bisa dimanfaatkan agar pesta rakyat ini terlaksana secara profesional dengan bermunculannya generasi muda pada setiap penyelenggara di semua tingkatan” kata Rudy.

Dia mencontohkan, mulai dua hari lalu hingga senin mendatang, KPU membuka pendaftaran Relawan Demokrasi Pemilu 2019. Silahkan semua kader PMII Lumajang bisa berpartisipasi aktif untuk masuk menjadi bagian mencatatkan sejarah dengan tinta emas dalam penyelenggaraan Pemilu kali ini. “Kalau mengaku sebagai pemuda yang peduli, hari ini sudah terbuka peluang di KPU untuk menjadi Relawan Demokrasi, KPU mengajak mahasiswa untuk ikut mencatatkan sejarah telah menajdi bagian penting dalam Pemilu ini” pungkasnya. (res)