Gresik, kpud-lumajangkab.go.id – Jelang pelaksanaan Pemilu Serentak pada 17 April 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menggelar Bimbingan Teknis Pemungutan dan Perhitungan Suara serta Rekapitulasi Suara dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Situng Pemilihan Umum Tahun 2019 di Hotel Hom Premiere by Horison GKB Gresik pada Kamis (14/2).

Bimbingan Teknis (Bimtek) ini diikuti oleh 38 KPU Kota/Kabupaten divisi teknis penyelenggaraan, operator situng, dan divisi sosdiklih parmas SDM seluruh Jawa Timur.

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito mengatakan bahwa semua divisi khususnya divisi teknis benar-benar memahami proses rapat pemungutan dan penghitungan serta rekapitulasi suara.

“Khususnya nanti dalam persiapan rapat pemungutan dan perhitungan suara pada 17 April 2019. Termasuk rekapitulasi di semua tingkatan. Mulai dari tingkat TPS, tingkat Kecamatan di tingkat Kabupaten/Kota hingga Propinsi,” ucap Eko Sasmito dalam sambutannya.

Perlu diketahui, pelaksanaan rapat rekapitulasi dan perhitungan suara nantinya akan melibatkan KPPS di setiap TPS. Sedangkan KPPS harus sudah terbentuk mulai tanggal 28 Februari hingga 27 Maret. Sehingga, diperlukan sinergitas antara divisi teknis dan SDM terkait rapat rekapitulasi dan perhitungan suara.

“Ini butuh fokus serta keseriusan dari divisi SDM untuk membentuk KPPS sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” lanjutnya.

Eko, panggilan akrabnya, mengimbau agar divisi SDM KPU Kabupaten/Kota bisa mempersiapkan proses pembentukan KPPS dengan baik. Sehingga rapat rekapitulasi dan perhitungan suara di tingkat TPS nanti bisa berjalan sukses, aman, dan dapat meminimalisir kendala-kendala yang berarti. (hes)