Memasuki tahapan untuk penyerahan syarat dukungan calon perseorangan pada Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2018 yang dijadwalkan mulai tanggal 25- 29 November 2017, KPU Provinsi Jawa Timur mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyerahan Dukungan Calon Perseorangan yang diselenggarakan di Hotel Yello, jalan Jemursari Nomor 176 Surabaya. Dalam Bimtek ini KPU Lumajang diwakili oleh Komisioner Divisi Perencanaan dan didampingi oleh staff Kemas Didik Abdillah.
Bimtek yang yang diselenggarakan dua hari mulai tanggalm 26-27 November 2017, Selain dari KPU Lumajang turut hadir juga Komisioner Divisi Teknis KPU Kabupaten/Kota se- Jatim dan diampingi oleh masing-masing satu staf dari KPU Kabupaten/Kota. Ketua KPU Jawa Timur dalam sambutannya menyampaikan Bahwa kegiatan Bimtek Penyerahan Dokumen Dukungan Calon Perseorangan sangat penting diikuti oleh KPU Kabupaten/Kota. Setidaknya, baik Komisioner atau staf yang ikut Bimtek bisa memahami secara utuh terkait tahapan penyerahan dukungan calon perseorangan.
Selain itu Eko Sasmito menambahkanv “Harapan saya, kesempatan Bimtek ini bisa dimaksimalkan untuk bisa memahami terkait penyerahan dukungan calon perseorangan yang dilakukan oleh Kawan-kawan Kabupaten/ Kota, yang masih akan berakhir pada tanggal 29 November 2017 nanti” ujarnya.
Selain dari Komisoner KPU Jawa Timur hadir juga Sekertaris KPU Provinsi Jawa Timur Sekretaris KPU Provinsi Jatim HM. Eberta Kawima mengucapkan terimakasih terima kasih atas kehadiran KPU Kabupaten/Kota se-Jatim, dalam acara Bimtek penyerahan dukungan calon perseorangan. Menurutnya, kehadiran seluruh komisioner dan staf merupakan bagian dari komitmen bahwa pada masa tahapan Pilkada Serentak Tahun 2018 ini tidak ada kalender libur.
Menambahkan HM.Eberta Kawima “Minggu masih tetap kerja, karena itu sudah menjadi bagian komitmen Kita semua dalam menyukseskan Pilkada serentak. Terima kasih atas kehadirannya, selamat mengikuti Bimtek,” pungkasnya. Harapannya Bimtek ini, agar tahapan untuk penyerahan dukungan calon perseorangan bisa dipahami secara utuh dan menyeluruh oleh masing-masing Kabupaten/Kota.