Jember,Kpud-Lumajangkab.go.id Selain Tahapan Pilkada yang sedang berjalan saat ini, KPU juga sedang menpersiapkan Pemilu tahun 2019 untuk itu Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) kembali menggelar Rapat Kerja (Raker) Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019. Raker diadakan hari ini sampai dengan besok, Sabtu-Minggu, tanggal 24-25 Februari 2018 di hotel Panorama jalan Kyai Haji Agus Salim Nomor 28 Jember.

Dalam Raker ini KPU Kabupaten Lumajang di wakili oleh Ketua KPU Kabupaten Lumajang Siti Mudawiyah dan didampingi oleh komisioner Divisi Keungan Umum dan Logistik Yusuf Adi Pamungkas selain itu hadir sebagai peserta lainya Ketua KPU, Komisiner Divisi Teknis dan Kasubag Teknis dan Hupmas  38 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Memulai raker, Divisi Teknis KPU Jatim, Muhammad Arbayanto memberikan arahan jika KPU Kabupaten/Kota selambat-lambatnya menyerahkan dokumen penataan dapil kepada KPU Provinsi pada tanggal 27 Februari 2018. “Karena Provinsi akan menyampaikan hasil penataan dapil ini ke KPU RI pada tanggal 28 Februari sampai dengan 5 April 2018. Dokumen-dokumen yang harus disampaikan sebagaimana yang telah ditentukan di dalam SK 18, yakni Berita Acara (BA), hasil uji publik dan notulensi,” kata Arba (24/02/2018).

Akan tetapi menurut Arba, KPU Provinsi pada saat menyampaikan ke KPU RI harus menjelaskan detail-detail yang tidak terefleksi dalam tiga dokumen tersebut. “Sehingga berkonsekuensi Kami meminta tambahan dua jenis dokumen lagi, yaitu file presentasi dan naskah usulan dapil,” jelas pria lulusan Hukum Universitas Brawijaya Malang ini.Usai mendapatkan arahan dari Divisi Teknis KPU Jatim, berikutnya dilanjutkan dengan presentasi dari KPU Kabupaten/Kota terkait penataan dapil yang dilakukan di wilayahnya, serta alokasi kursi yang ada.