Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id– Panitia Pemilihan Kecamatan se-Kabupaten Lumajang mulai menggelar rapat pleno terbuka Daftar Pemilih Sementara  Hasil Perbaikan (DPSHP). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Panwascam, Tim Kampanye Paslon, dan PPS se-Kecamatan diwilayahnya. Agenda sebelum ditetapkan menjadi DPT oleh KPU ini berlangsung mulai 11-12 April 2018. Hasil rekapitulasi DPSHP ini selanjutnya diserahkan kepada KPU Kabupaten paling lambat tanggal 12 April, sebab mulai tanggal 13-19 KPU Kabupaten akan menetapkan DPSHP menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

 

Syamsul Anggota KPU Kabupaten Lumajang Divisi Perencanaan dan Data mengatakan, bahwa penyampaian DPSHP ini dilakukan secara berjenjang mulai dari PPS, PPK hingga KPU Kabupaten setelah dilakukan Rekapitulasi melalui Rapat Pleno terbuka. Untuk itu pendeknya masa rekapitulasi yang Cuma 2 hari ini agar bisa dimaksimalkan tentunya tidak menafikkan akurasi datanya. “Setelah PPK merekapitulasi DPSHP melaui rapat pleno terbuka selanjutnya akan diplenokan KPU Lumajang Daftar Pemilih Tetap (DPT) berdasarkan laporan dari PPS ke PPK” Ujarnya, kamis (12/4)

 

Dia juga mengingatkan agar PPK bisa menyingkronkan jumlah Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP)  antara pemilih laki-laki dengan jumlah pemilih perempuan. Sehingga validitas DPT Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Bupati dan Wakil Bupati Lumajang 2018 bisa dipertanggungjawabkan. “Kualitas Pilkada serentak ini tergantung validitas DPT nya nanti, kalau dari DPS, DPSHP sudah tidak singkron, maka DPT nya pun akan menajdi pertanyaan publik” tegas Syamsul.

 

Sesuai tahapan Pemilihan serentak 2018, setelah PPK melakukan rekapitulasi DPSHP, KPU Kabupaten akan menetapkan menjadi DPT dari tanggal 13-19 April. Selanjutnya DPT akan diberikan kepada PPS melalui PPK dari tanggal 20-29 April dan diumumkan hingga 27 Juni 2018.