Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang hari ini Sabtu (8/12) telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2019 sebesar 835.053 Pemilih dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan II di Hotel Prima Sukodono Lumajang. Jumlah ini mengalami penurunan sebesar 2.451 Pemilih dari penetapan sebelumnya sebesar 837.504 pemilih. Hal ini terjadi karena hasil penyempurnaan yang dilakukan oleh PPK dan PPS selama 30 hari mengalami pengurangan.
Menurut Syamsul, Anggota KPU Kabuapten Lumajang Divisi Perncanaan, Data dan Informasi pengurangan ini terjadi dari hasil pencermatan yang dilakukan oleh PPK dan PPS bersama Panwascam dan Pnawas desa meliputi menghapus pemilih ganda atau pemilih Tidak memenuhi Syarat sebesar 3.716 pemilih. Sedangkan pemilih ubah data atau hasil perbaikan sebesar 625, ditambah Pemilih Baru sebesar 1.265 pemilih. “Hasil penyempurnaan inilah yang mengakibatkan menurunnya DPT Pemilu 2019 di Kabupaten Lumajang” ujarnya.
Penetapan ini kata Syamsul sudah diamini oleh semua peserta Pemilu 2019 yang hadir dalam Rapat Pleno yang datanya sudah disingkronkan dengan data pemilih hasil rrekomendasi Bawaslu Kabupaten Lumajang. “Secara rinci sudah kita bacakan DPTHP II ini dihadapan peserta Pemilu dan mereka menyepakati. Sedangkan Bawaslu juga sudah mengamini karena data yang mereka punya juga sudah singkron dan tidak ada selisih di 21 kecamatan se-Kabupaten Lumajang” terang.
Hasil ini besok, senin (10/12) akan dibacakan dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan DPTHP II tingkat Provinsi Jawa Timur. Syamsul berharap di Pleno tingkat provinsi nantinya DPTHP II Lumajang tidak ada permasalahan yang berarti. “DPTHP II di Lumajang sementara sudah final dan besok akan kita bawa ke provinsi mudah-mudahan lancar dan tidak ada kendala” harapnya.
dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan II selain dihadiri oleh Ketua dan Anggota PPK se-Kabupaten Lumajang beserta Ketua Panwascam, juga dihadiri perwakilan Partai Politik Peserta Pemilu 2019, Tim Kampanye Capres dan Cawapres serta Pelaksana Kampanye DPD tingkat kabupaten.
Secara rinci Jumlah DPTHP II penyempurnaan ini sebesar 835.053 dengan jumlah laki-laki sebesar 407.462, perempuan 427.591 yang tersebar di 21 kecamatan 205 desa/kelurahan dan 3.281 TPS. Jumlah ini juga memunculkan daftar pemilih disabilitas sebanyak 1.288 dengan rincian Tuna Daksa sebanyak 264, Tuna Netra 354, Tuna Rungu 292, Tuna Grahita 142 dan Disabilitas lainnya sebanyak 236. (res)