Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Relawan Demokrasi Basis Kebutuhan Khusus melakukan sosialisasi Pemilu 2019 di RSUD Jatiroto, Kamis (21/3).

Sosialisasi ini dilakukan dengan sasaran pegawai RSUD Jatiroto yang berjumlah 40 orang.

Kedatangan Relawan Demokrasi Basis Kebutuhan Khusus disambut hangat oleh pegawai RSUD Jatiroto.

Sosialisasi dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berlangsung selama satu jam.

Sebagian besar pegawai sudah mengetahui waktu pelaksanaan Pemilu, namun di sisi lain sebagian pegawai RSUD masih belum memahami pengetahuan Pemilu yang lain.

“Dengan penuh kesabaran, Relawan Demokrasi memberikan pemahaman Pemilu yang meliputi waktu pelaksanaan Pemilu serentak, pengertian DPT DPTb dan DPK, jumlah surat suara, warna surat suara dan jumlah dapil di Kabupaten Lumajang.” ujar Muhamad Ridhol Mujib Komisioner KPU Kabupaten Lumajang.

Baginya keberadaan tim Relawan Demokrasi dirasa sangat membantu pegawai dalam memahami pengetahuan tentang jumlah dan warna surat suara.

“Sosialisasi ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan memberikan suara pada waktu pelaksanaan pemilu nantinya.” ungkap Ridho panggilan akrabnya.

Selain itu, tim Relawan Demokrasi Kebutuhan Khusus juga memberikan pemahaman dapil setempat mengingat pegawai rumah sakit banyak yang berasal tidak dari daerah sekitar RSUD.

Salah satu pegawai yang bernama Cahyo juga memberikan pertanyaan yang tak biasa mengenai keberadaan DPD, mengingat info yang minim tentang DPD.

Di akhir sosialisasi, Relawan Demokrasi mengingatkan pegawai RSUD Jatiroto untuk tidak golput dan beramai-ramai datang ke TPS pada 17 April mendatang. (hes)