Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Relawan Demokrasi terus melakukan sosialisasi pendidikan pemilih kepada seluruh lapisan masyarakat. Kali ini, Sabtu (9/2), Relawan Demokrasi Basis Keluarga mengunjungi Desa Bodang, Dusun Randuagung, Kecamatan Padang Lumajang.

Kunjungan Relawan Demokrasi disambut hangat oleh para warga. Dengan penuh kesabaran, mereka menjelaskan satu per satu materi terkait Pemilu 2019, yang meliputi waktu pemilu, jenis dan warna surat suara, tata cara melipat surat suara, dan Dapil pemilih.

Dalam kunjungan yang diikuti 34 peserta ini, Relawan Demokrasi berhasil membangkitkan respon positif warga Desa Bodang.

Warga Desa Bodang tampak sangat antusias mendengarkan setiap penjelasan Relawan Demokrasi.

Sarinem, salah satu warga Bodang mengaku bahwa sosialisasi yang dilakukan Relawan Demokrasi ini sangat membantu warga. Terutama mengenai pemilihan 5 jenis surat suara.

“Dengan adanya sosialisasi ini, saya bisa memahami bagaimana cara memilih yang benar. Sebelumnya, saya kira saya bisa mencoblos 2 kali. Mencoblos partai yang saya suka dan memilih calon dari partai lain. Tapi ternyata nanti surat suaranya nggak sah,” kata Sarinem.

Muhammad Ridhol Mujib selaku Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Lumajang berharap sosialisasi Pemilu yang dilakukan oleh Relawan Demokrasi terus berjalan hingga menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

“Masyarakat yang berada di pinggiran di mana mereka jauh dari akses kota tentu harus dipastikan mengetahui dan memahami pemilu tahun ini. Terlebih jenis-jenis pemilu dan warna surat suaranya,” tegasnya. (hes)