Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Menjelang Pemilu 2019 yang kurang dari 20 hari lagi, KPU Lumajang semakin giat melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Pada Jumat (29/3), Relawan Demokrasi Basis Keagamaan melakukan sosialisasi kepada anggota Muslimat Nurul Yaqin di Desa Meninjo Kecamatan Ranuyoso.

Sosialisasi Pemilu yang diadakan Relawan Demokrasi yang memiliki julukan Bisma itu, diikuti sekitar 28 peserta yang sebagian besar bekerja sebagai buruh tani.

Selain itu, karena sosialisasi ini diadakan di lingkungan Madrasah, sebagian para santriwati juga ikut mendengarkan materi sosialisasi Pemilu ini.

Dengan gamblang, Relawan Demokrasi menjelaskan materi Pemilu yang meliputi pentingnya demokrasi, waktu pencoblosan, tata cara mencoblos yang sah, tata cara pindah memilih, jumlah surat suara, dan warna surat suara.

Tim Relawan Demokrasi juga mengajak peserta untuk belajar cara melipat surat suara melalui spesimen surat suara yang telah disediakan KPU Lumajang.

Peserta tampak antusias mendengarkan pemaparan materi dari tim Relawan Demokrasi.

Sun Indrawati selaku Ketua Muslimat Nurul merespon positif adanya kegiatan sosialisasi ini, karena kegiatan seperti sosialisasi seperti ini sangat minim dilakukan di desanya.

Di akhir acara sosialisasi, Relawan Demokrasi memberikan doorprize kepada peserta yang aktif mengajukan dan menjawab pertanyaan seputar Pemilu 2019. (hes)