Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang mendapat kunjungan dari 4 siswa SMKN 1 Lumajang pada Jumat (22/3).

Kedatangan 4 siswa tersebut bertujuan untuk melakukan wawancara terkait daerah pemilihan Pemilu DPRD Kabupaten Lumajang.

Wawancara dilakukan di Kantor KPU Kabupaten Lumajang yang beralamatkan di Jalan Veteran nomor 70 Lumajang.

Yusuf Adi Pamungkas selaku komisioner KPU Kabupaten Divisi Teknis dan Penyelenggaraan menyambut hangat kedatangan 4 siswa tersebut.

Dengan gamblang, Yusuf menerangkan pembagian daerah pemilihan (dapil) Lumajang dan jumlah alokasi kursi DPRD Kabupaten di Lumajang.

“Dapil di Lumajang ada 5 dengan total alokasi kursi DPRD Kabupaten sebanyak 50 kursi,” terang Yusuf.

Yusuf juga menerangkan bahwa Dapil 1 Lumajang terdiri dari Kecamatan Lumajang, Sukodono, Sumbersuko, Tekung, dan Jatiroto. Alokasi kursi yang tersedia adalah 12 kursi.

Sedangkan, Dapil 2 Lumajang terdiri dari Kecamatan Rowokangkung, Yosowilangun, Tempeh, dan Kunir dengan alokasi kursi sebanyak 11.

Dapil 3 terdiri dari Kecamatan Pasirian, Candipuro, Pronojiwo, dan Tempursari memiliki alokasi kursi DPRD sebanyak 10 kursi.

Untuk Dapil 4 yang terdiri dari Kecamatan Pasrujambe, Senduro, Padang, dan Gucialit memiliki alokasi 7 kursi.

Dan Dapil 5 yang terdiri dari Kecamatan Kedungjajang, Klakah, Randuagung, dan Ranuyoso memiliki alokasi kursi DPRD sebanyak 10 kursi.

“Pembagian dapil untuk DPRD Kabupaten Lumajang memang memperhatikan prinsip keseteraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, profesionalitas, integritas wilayah, berada dalam cakupan wilayah yang sama, kohesifitas dan kesinambungan,” papar Yusuf.

Yusuf juga menerangkan bahwa jumlah kursi DPRD Kabupaten Lumajang di seluruh dapil sebanyak 50 kursi dikarenakan jumlah penduduk di Lumajang yang berada di kisaran 1 hingga 3 juta orang.

“Sedangkan alokasi kursi setiap Dapil anggota DPRD Kabupaten paling sedikit 3 kursi dan paling banyak 12 kursi,” tambahnya. (hes)