Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang mulai hari ini kamis (3/1) mengumumkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) Peserta Pemilu 2019. Pengumuman ini berdasarkan laporan yang sudah diserahkan Tim Kampanye Pasangan Calon Presiden dan Wakil Prresiden dan Partai Politik Peserta Pemilu 2019 di tingkat Kabupaten Lumajang. Sesuai ketentuan yang diatur dalam PKPU Nomor 29 Tahun 2018 Tentang Perubahan PKPU Nomor 24 Tahun 2018 Dana Kampanye Pemilihan Umum. Dalam ketentuannya Peserta Pemilu 2019 mempunyai kewajiban menyerahkan LPSDK kepada KPU sesuai tingkatannya, paling lambat tanggal 2 Januari 2019 kemarin.

Pelaporan tersebut melingkupi setiap sumbangan yang masuk kepada Tim Kampanye Paslon Presiden dan Wakil Presiden maupun kepada Partai politik baik dari perorangan, kelompok maupun perusahan dan badan usaha non pemerintah yang sah menurut hukum. Kewajiban ini diserahkan dalam dua bentuk laporan, yakni satu rangkap Salinan asli dan satu rangkap Salinan asli elektronik.

Menurut Komisioner KPU Kabupaten Lumajang, Divisi Hukum dan Pengawasan Rudy Hartono dalam LPSDK peserta Pemilu wajib melaporkan dan mencatatkan semua penerimaan dan pengeluaran dana kampanye. “LPSDK yang dilaporkan bentuknya bisa berupa uang dan jasa disertai bukti yang bisa dipertanggungjawabkan” ujarnya.

Dari dokumen LPSDK yang sudah diterima, kemudian KPU Lumajang akan mengumumkan kepada publik. Pengumuman oleh KPU Lumajang mulai hari ini tanggal 3 Januari 2019, dan masyarakat bisa mengetahui dana kampanye yang pakai oleh peserta pemilu sumbernya dari mana dan besarannya berapa. “Pengumuman ini bisa dilihat di papan pengumuman atau di laman KPU Lumajang. Publik bisa melihat sejauh mana peserta pemilu menerima sumbangan  dana kampanye dan pemakaian dana tersebut untuk kepentingan kampanye” kata Rudy Hartono

Sesuai ketentuan pengumuman LPSDK peserta Pemilu 2019 akan diumumkan di papan pengumuman di kantor KPU Kabupaten Lumajang Jl. Veteran 70 Lumajang atau di laman KPU Lumajang www.kpud-lumajangkab.go.id. (res)