Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Sejumlah logistik Pemilu 2019 sudah mulai berdatangan ke KPU Kabupaten Lumajang. Kali ini logistic yang sudah diterima KPU Lumajang dari KPU berupa bantalan coblos, stiker kotak suara dan tanda pengenal KPPS, petugas keamanan dan saksi peserta pemilu. Kedatangan logistik ini pendistribusian secara bertahap dan langsung disimpan di Gudang logistik KPU Kabupaten Lumajang di Jl. Panjaitan, senin (21/1).

Ketua KPU Kabupaten Lumajang Siti Mudawiyah selaku Divisi yang membidangi logistik Pemilu mengatakan, bahwa logistic Pemilu ini jumlahnya cukup banyak mengingat jumlah Pemilu 2019 meliputi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Sehingga kebutuhan kelengkapan dalam pemungutan dan penghitungan suara menyesuaikan dengan jumlah pemiliunya. “hari ini (senin, 21/1) logistic yang sudah dating bantalan, stiker kotak suara dan tanda pengenal. Dan ini akan kita set bersama dengan kotak suara dan surat suara untuk didsitribusikan ke TPS nantinya” katanya.

Kebutuhan logistic yang sekarang diterima KPU Lumajang sudah diajukan sesuai kebutuhan. Mulai dari stiker kotak suara sebanyak 5 kotak suara per TPS dan bantalan 4 buah per TPS. Sedangkan tanda pengenal meliputi 7 orang KPPS tiap TPS, 2 orang petugas keamanan tiap TPS dan saksi peserta Pemilu baik dari Partai Politik, Paslon Presiden dan Wakil Presiden maupun dari Calon DPD. “Ini kebutuhan logistic yang baru datang dan merupakan bagian penting dalam pemungutan dan penghitungan suara di TPS” ujarnya.

Selanjutnya dari logistic yang sudah tersimpan di gudang KPU Lumajang, akan dilakukan pengesetan untuk memudahkan nanti saat surat suara sudah datang. Khususnya sampul yang jenisnya cukup banyak, seperti sampul formulir C, sampul surat suara. “Kita akan cicil pengesetannya biar tidak berbarengan dengan pelipatan surat suara nantinya” pungkasnya. (res)