Jakarta, kpud-lumajangkab.go.id – Netgrit (Network for Democracy and Electoral Integriti) yang merupakan organisasi yang didedikasikan untuk melembagakan demokrasi dan mendorong pelembagaan pemilu yang jurdil dan berintegritas (fair and free election with integriti) menyelenggarakan Webinar Internasional, Kamis (18/03/2021).

Kegiatan yang didukung oleh KPU RI tersebut membahas tentang perbandingan internasional tentang penerapan daftar pemilih berkelanjutan.

Hadir sebagi salah satu narasumber Lui tito F. Guia, Mantan Komisioner Commission on Election (COMELEC) Philippines.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh seluruh KPU se-Indonesia tersebut Lui tito F. Guia menyampaikan Perubahan dari pendaftaran periodik ke pendaftaran berkelanjutan di filipina.

“Perubahan dari pendaftaran periodik ke pendaftaran berkelanjutan di filipina terjadi tahun 1996 dengan dirilisnya hukum pendaftaran tahun 1996,” ungkap Guia.

Selanjutnya, ia juga menjelaskan bahwa Filipina sudah memiliki sistem pendaftaran yang berkelanjutanb antara tahun 1963 hingga 1989,

“Tetapi kemudian ada keputusan untuk kembali lagi ke sistem pendaftaran periodik, sistem yang ditetapkan sebelum 1963,” paparnya.

Tidak hanya iyu, Lui tito F. Guia juga menyampaikan sifat dari sistem registrasi Filipina atau sistem pendaftaran pemilu di Filipina.

(rsk/shd/red).