Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Diterima Komisioner KPU Kabupaten Lumajang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Muhamad Ridhol Mujib, Diana Nuriya Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember, di Kantor KPU Kabupaten Lumajang, Rabu (9/1). Ridho menyampaikan kedatangan mahasiswa jurusan ilmu komunikasi ini ingin melakukan penelitian skripsi terkait Peran kehumasan KPU Lumajang dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2018 lalu.

Penelitian akan dilakukan di KPU Lumajang karena tertarik dengan peningkatan partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak 2018 di Lumajang yang naik cukup siginifikan dibandingkan pilkada sebelumnya. Sehingga dia ingin menggali dari strategi yang digunakan pada aspek kehumasannya. “Dia ingin meneliti peran humasnya hingga partisipasi masyarakat di Pilkada tahun lalu naik signifikan.” Ujar Ridho panggilan akrab Komisioner KPU Lumajang ini.

Kemudian Ridho menyampaikan jika kenaikan partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak 2018 lalu merupakan kerjasama tim, yang saling bahu-membahu melakukan sosialisasi dan publikasi melalui berbagai macam media. “Sosialisasi massif dan publikasi melalui media partner dan web KPU harus gencar, itu kuncinya” ungkapnya kepada mahasiswa asal Lumajang ini.

Lebih lanjut dia menjelaskan fakta-fakta peningkatan partisipasi masyarakat tersebut bisa dilihat pada data yang dipampang di Rumah Pintar Pemilu “Kirana Agung” KPU Kabupaten Lumajang. “Habis ini bisa dilihat info grafis paritisipasi masyarakat di RPP, kelihatan peningkatannya” terangnya.

Usai berdiskusi, Ridho mengajak mahasiswa semester akhir ini melihat informasi seputar Pemilu dan Pilkada di RPP Kirana Agung yang lokasinya berada di dalam kantor KPU Lumajang tak jauh dari ruang Komisioner. (res)