Lumajang,Kpud-Lumajangkab.go.id- Pada hari ke enam masa penCoklitan, terlihat semangat  menCoklit Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang tak kenal lelah,  Lukman Hakim PPDP asal Dsn. Gotean Pusung RT. 29 RW. 15 Desa Sukorejo Kecamatan Pasrujambe ini patut diapresiasi. Pasalnya, dengan hanya berjalan kaki menelusuri jalan setapak di lereng Gunung Semeru  didampingi  Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pasrujambe harus meluangkan waktu untuk mencoklit calon pemilih pada pilkada serentak 2018 yang cukup jauh dari pusat desanya. Meski hanya ada 4 Kepala Keluarga yang menghuni di kawasan terpencil tersebut, tapi karena mereka punya hak pilih PPDP wajib mencoklit meski harus ditempuh dengan  berjalan kaki sejauh ± 3 kilometer dari tempat tinggalnya.

Menurut, Syamsul Divisi Perencanaan dan Data KPU Kabupaten Lumajang, saat menerima laporan dari PPK Pasrujambe mengaku salut dengan semangat PPDP yang terus bekerja mencoklit calon pemilih meski bahaya bisa saja datang setiap saat. “Kita apresiasi kinerja kawan-kawan PDPP yang tanpa mengeluh bekerja sesuai tugasnya hingga medan berbahaya pun harus mereka lalui” ungkapnya, Kamis (25/1).

Untuk itu Syamsul memastikan jika kinerja PPDP mencoklit dari pintu ke pintu rumah pemilih, data pemilih yang menjadi ruh pemilihan akan bisa dipertanggungjawabkan secara profesional dan akuntabel. “Door to door menjadi kewajiban bagi PPDP untuk mendata pemilih, kalau itu dilakukan maka daftar pemilih hasilnya tak bisa diragukan validitasnya” katanya.

Seperti yang dilakukan PPDP asal Desa Sukorejo Kecamatan Pasrujambe meski hanya ada 4 KK dengan jumlah Laki-laki 14,  Perempuan  11 dan Jumlah totalnya ada 25 pemilih tapi tetep dicoklit sambil mensosialisasikan tahapan pilkadanya, serta alamat  Tempat Pemungutan Suara (TPS)  yang berada di Dusun Gotean Pusung RT. 27  RW. 14 yang jaraknya ± 3 km dari rumah mereka. “PPDP harus bisa meyakinkan agar pemilih di kawasan tersebut bisa hadir saat pemungutan suara pada tanggal 27 Juni 2018” pungkasnya.

Selain di dua kecamatan tersebut, ada lagi dua desa yang berada di kawasan Kecamatan Senduro yakni Desa Ranupani dan Argosari dengan perjalanan yang harus ditempuh selama ±2 jam dari pusat Kecamatan. Tak hanya itu, semangat mencoklit juga ditunjukkan oleh PPDP Desa Rojopolo, Dusun Kokapan 2 Rt 01 Rw 08 Jatiroto. Sebanyak 10 KK dengan jumlah pemilih Laki-laki 7, Perempuan 13 total ada 13 pemilih, yang akan memberikan hak pilihnya di TPS Dusun Kokapan 2 Rt 03 Rw 08 Desa Rojopolo Kecamatan Jatiroto.(do/ist)