Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Wujud nyata kepedulian relawan demokrasi dalam menyukseskan pemilu tahun ini rupanya patut di acungi jempol. Ini terbukti dengan kemandirian tanpa menggunakan suntikan dana dari KPU Kabupaten Lumajang, para relawan demokrasi terus bergerak melakukan sosialisasi pendidikan pemilih pemilu. Kali ini mereka mendatangi peserta pengajian manaqib yang berada di Dusun Karangjati, Desa Pandanarum, Kecamatan Tempeh, Lumajang.

Mereka tak hentinya bersemangat melakukan sosialisasi kepada anggota pengajian manaqib, yang didominasi jama’ah ibu-ubu ini. “Dengan semangat kemandirian anggaran (non budgeter) dari KPU, tapi mereka (relawan) tetep sosialisasi ke masyarakat” kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Lumajang Muhamad Ridhol Mujib, Selasa malam beberapa saat tadi (5/02).

Kesadaran dan kepedulian yang ditunjukkan oleh Relawan Demokrasi Basis Agama ini ternyata berimbas positif. Kinerja mereka mendapat apresiasi dari seluruh anggota pengajian manaqib. Hal yang sama juga diberikan oleh para relawan. Mereka dengan hangat berbincang menyampaikan sosialisasi dan pendidikan pemilu.

Dengan antusias para ibu anggota manaqib mendengarkan pemaparan yang disampaikan relawan demokrasi. Mereka juga bertanya langsung mengenai jenis-jenis pemilu dan warna surat suara. “Para ibu sangat antusias mendengarkan pemaparan relawan demokrasi. Bahkan keaktifan para ibu dalam bertanya tentang macamnya pemilu yang harus dicoblos dan surat suara semakin menambah suasana hangat kebersamaan dalam suksesi pemilu tahun ini,” Papar salah satu pimpinan KPU Kabupaten Lumajang ini. (jav)