Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal Sahban berkunjung ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang yang beralamatkan di Jalan Veteran no. 70 pada Rabu (13/2).

Kunjungan Kapolres ini bertujuan untuk diskusi persiapan Pemilu yang digelar pada 17 April mendatang.

Banyak hal yang dibicarakan dalam diskusi ini, terutama teknis proses Pemilu nanti. Hal ini bertujuan agar KPU dan kepolisian lebih terkoordinasi dengan mudah.

“KPU sebagai pengawal demokrasi diharapkan untuk terus mengglorifikasikan Pemilu agar masyarakat memahami pesta demokrasi ini dengan positif. Semoga masyarakat bisa memilih pemimpin sesuai pilihannya dan mendapatkan pemimpin terbaik,” ujar Arsal Sahban.

Tak hanya tentang Pemilu, Kapolres Lumajang juga saling berbagi informasi mengenai karakteristik masyarakat Lumajang.

“Kunjungan ke sini memang sifatnya non formal. Jadi agar lebih cair suasananya. Kalau sifatnya formal kan nanti nggak bisa leluasa dan terbatas dengan waktu,” lanjutnya.

Siti Mudawiyah Ketua KPU Kabupaten Lumajang mengaku senang dengan kunjungan Kapolres Lumajang karena orangnya sangat ramah.

Mudawiyah, panggilan akrabnya, mengaku banyak hal yang dibahas mulai proses keperluan dan pengamanan dari tingkat Kabupaten sampai tingkat TPS terkait teknis penyelenggaraan Pemilu.

“Sinergitas KPU dengan Polres sebagai pihak keamanan itu mutlak harus dilakukan. Khususnya proses keperluan di semua level penyelenggara pemilu di Kabupaten Lumajang terkait teknis penyelenggaraan Pemilu,” ujar Mudawiyah usai kunjungan Kapolres di kantor KPU Lumajang.

Selain itu, Mudawiyah juga menambahkan bahwa koordinasi komunikasi antara KPU dan kepolisian perlu ditekankan jelang Pemilu 2019 nanti.

“Terutama saat kedatangan logistik surat suara dan formulir. Maka, perlu ada pengamanan bersama, dengan bantuan personil dari Kepolisian tnetunya” tambahnya. (hes)