Mojokerto, kpud-lumajangkab.go.id– Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur, Choirul Anam mengatakan dalam sambutan pembukaan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Perencanaan dan Pengadaan Perlengkapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada Serentak 2018 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, di Hotel Ayola kota Mojokerto, bahwa sekarang memasuki tahapan krusial termasuk  tahapan pencalonan meski diwarnai dinamika yang perlu dievaluasi bersama untuk tahapan berikutnya lebih baik. Meski demikian tahapan secara umum berjalan baik, diantara dinamika yang berkembang di masing-masing daerah. “Dinamika yang ada jadi pelajaran kita semua untuk bekerja lebih profesional” ujar Anam, Selasa (27/2).

Lebih jelasnya  Anam menjelaskan Kerja KPU mulai saat ini tak hanya tahapan Pilkada tapi tahapan pemilu juga sudah berjalan khususnya pengangkatan badan adhoc PPK dan PPS Pemilu yang  banyak menuai protes di bawah. “Prinsipnya semua instruksi KPU secara hirarkis isinya tidak akan jauh beda kebijakan dari KPU RI maupun dari KPU Jatim. Untuk itu di tengah padatnya tahapan ini perlu meningkatkan intensitas koordinasi antar Divisi, baik melalui rapat pleno rutin maupun pleno tahapan” jelasnya.

Dia menegaskan  bekerja di KPU jangan sektoral karena Divisinya, tapi sinergitas antar Divisi itu diperlukan untuk menguatkan kerja masing-masing Divisi. “Harus saling memahami tahapan yang dilakukan oleh masing-masing Divisi. Jangan sampai merasa ada yang mengaku Divisi paling sibuk atau Divisi paling nganggur” tegas Anam.    

Agar dalam tahapan Pemilihan dan Pemilu ini tak ada lagi Divisi yang saling  merasa tak berfungsi, Kedepan KPU Jatim akan menyelenggarakan rapim KPU kabupaten/kota se-Jatim untuk penyamaan persepsi terkait tupoksi masing-masing Divisi. “Tapi karena padatnya agenda kita maka solusinya melalui bimtek dan rakor inilah sebagai sarana untuk menyingkronkan kinerja antar Divisi. Misalnya jumlah TPS harus dipahami oleh Divisi KUL. Selain itu termasuk dipahaminya jumlah dan  jenis formuliran untuk pemutakhiran daftar pemilih. Termasuk nanti formulir pada pemungutan suara dan juga kelengkapan bilik suara lainnya” pungkasnya.

Bimtek Divisi Keuangan, Umum dan Logistik ini selain dihadiri Divisinya juga dihadiri sekretaris masing-masing KPU kabupaten/kota termasuk KPU kabupaten Lumajang yang dihadiri Divisi KUL Yusuf Adi Pamungkas, Divisi SDM dan parmas mewakili ketua KPU Lumajang, serta Kasubbag umum mewakili sekretaris KPU Lumajang, yang dimulai sejak tanggal 27 Pebruari hingga 28 Pebruari 2018.