Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang hari ini (Selasa, 11/12) meminta persetujuan contoh surat suara Pemilu DPRD Kabupaten Lumajang kepada Partai Politik peserta Pemilu 2019, yang akan dicetak menajdi surat suara di ruang rapat Rumah Pintar Pemilu “Kirana Agung”. Dipimpin langsung Divisi Teknis dan Penyelenggaraan KPU Kabupaten Lumajang, Yusuf Adi Pamungkas, masing-masing perwakilan Parpol diminta mencermati seluruh isi yang ada di contoh surat suara yang akan dicetak menjadi surat suara nantinya.

Yusuf menyampaikan contoh tersebut akan menjadi acuan KPU Kabupaten Lumajang untuk mencetak surat suara Pemilu DPRD Kabupaten Lumajang. Meski sebelumnya dirinya bersama operator SILON telah melakukan singkronisasi data SILON dengan contoh surat suara di KPU RI beberapa hari lalu. “Sebenarnya ini sudah kita cermati dan teliti dengan data yang ada di SILON. Khususnya nama masing-masing Calon Anggota DPRD Kabupaten serta nomor urutnya” ujarnya.

Hasilnya lanjut dia, hari ini semua Partai Politik untuk mencermati kembali nama-nama Calon Anggota DPRD Kabupaten untuk masing-masing Daerah Pemilihan. “Kami ingin hari ini Partai sudah menandatangani dami surat suara tersebut, dan akan kita laporkan kepada KPU RI. Karena kedepan apalagi nanti akan memasuki proses cetak surat suara tidak ada lagi komplain dari Parpol” kata Yusuf Adi Pamungkas.

Setelah diteliti masing-masing LO Partai Politik dan isinya sudah sesuai dengan data pencalonan maupun di SILON, kemudian ditanda tangani dan stempel basah. “Ini bentuk persetujuan yang kita harapkan agar dalam proses pencetakan nantinya tidak ada kendala yang berarti” pintanya.

Usai pencermatan, masing-masing perwakilan 16 Partai Politik peserta Pemilu 2019 sesuai nomor urutnya menandatangani sekaligus distempel basah sebagai bentuk persetujuan atas surat suara yang akan dicetak sekitar awal tahun 2019. (res)