Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Debat Publik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang tahun 2018 tahap pertama siap digelar Komisi Pemilihan Umum Kabuapten Lumajang, pada senin 2 April mendatang. Untuk memastikan kesiapan masing-masing Pasangan Calon KPU mengundang Ketua Tim Kampanye ketiga Paslon untuk menyampaikan rundwon debat publik yang rencananya akan digelar secara on air di dua stasiun radio swasta dan satu stasiun radio milik Pemkab Lumajang. Dalam rapat koordinasi tersebut Tim Kampanye sebagai perwakilan masing-masing Paslon menyepakati rundown yang sudah disusun KPU dengan tambahan satu segmen yakni penampilan talent dari masing-masing Pasangan Calon agar debat publik lebih variatif.

Rapat koordinasi yang digelar di kantor KPU Lumajang Jalan Veteran Lumajang ini selain dihadiri dua orang Perwakilan Tim Kampanye juga dihadiri dari unsur Kepolisian. Muhamad Ridhol Mujib, Anggota KPU Lumajang Divisi SDM dan Parmas menjelaskan rapat berjalan dengan lancar dalam membahas susunan acara debat publik yang akan disiarkan langsung melalui radio.

Ridho sapaan akrabnya mengaku semua tim kampanye menerima keputusan rapat termasuk pihak kepolisian yang hadir dalam rapat. “Rundown acara selesai dibahas dan disepakati,” katanya. Debat akan dialoaksikan waktunya selama 1, 5 jam dalam debat on air di radio yang dilaksanakan pada 2 April mendatang. Dimulai pukul 19.00 hingga berakhir pukul 20.30 WIB.

Ada penambahan satu segemen yang akan ditampilkan dalam debat nantinya yakni segemen performance dari masing-masing pasangan calon. “akan ada perform dari paslon dengan menampilkan talent masing-masing tampilan dialokasikan waktu sealama 3 menit dengan jumlah penampil sebanyak 10 orang termasuk paslon sendiri” ujarnya, jum’at (30/3)

Segemen ini digelar sebelum memasuki segemen terakhir yakni segemen debat antar pasangan calon dimulai, dengan tema Memajukan daerah dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Masing-masing Paslon akan menampilkan kreasinya yang penting tidak melebihi dari waktu yang disediakan KPU. Baru di segemen 5 akan ada debat antar paslon dengan mengambil pertanyaan secara acak yang telah disediakan oleh KPU dan dibacakan oleh moderator dan dijawab oleh paslon dan ditanggapi oleh dua paslon lainnya.

“Diawali dari paslon 3 mengambil dan diberikan ke moderator lalu dibacakan pertanyaannya. Paslon 3 menjawab dengan durasi 2 menit, kemudian paslon 1 dan 2 menanggapi jawaban paslon 3 dengan durasi waktu 1,5 menit. Ini berlaku bagi semua paslon. Selanjutnya paslon 1 dan paslon 2” terangnya.

Seperti yang telah ditetapkan KPU Kabupaten Lumajang beberapa hari lalu, debat publik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang akan digelar dalam 3 sesi. Sesi pertama digelar secara on air di 3 stasiun radio pada tanggal 2 April pada pukul 19.00-20.30 WIB. Sesi kedua dilakukan secara off air pada tanggal 9 April. Kemudian puncaknya KPU Lumajang akan menggelar debat publik secara live di JTV pada tanggal 5 Mei pukul 19.30-21.00 WIB.