Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id -Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-kabupaten Lumajang mulai hari ini Kamis (28/2) mengumumkan pembentukan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2019.

Pengumuman pembentukan KPPS Pemilu 2019 ini dilakukan secara serentak di seluruh kantor PPS mulai tanggal 28 Februari sampai dengan 5 Maret 2019.

Muhammad Ridhol Mujib Komisioner KPU Lumajang Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM mengatakan bahwa pengumuman pembentukan KPPS Pemilu 2019 ini dilakukan di 205 desa yang ada di Kabupaten Lumajang.

“Pengumuman dilakukan selama 6 hari dan bisa dilihat di papan pengumuman di kantor desa masing-masing,” jelas Ridhol Mujib.

Untuk pendaftaran KPPS ini, tentunya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Di antaranya, Warga Negara Indonesia, yang sudah berusia minimal  17 tahun, pendidikan minimal SMA sederajat, sehat jasmani dan rohani, bebas narkoba, tidak dalam satu ikatan pernikahan dengan sesama penyelenggara pemilu, tidak menjadi anggota partai politik, dan tidak menjadi tim kampanye peserta pemilu.

Persyaratan tersebut disampaikan kepada PPS pada masa pendaftaran KPPS mulai tanggal 6-12 Maret 2019.

“Jadi, kami imbau kepada masyarakat Kabupaten Lumajang, jika ingin mendaftarkan diri sebagai anggota KPPS pada Pemilu 2019 silahkan ke kantor desa masing-masing untuk melihat informasi secara rinci. Terus melihat apa yang dibutuhkan untuk menjadi kelengkapan berkas pendaftaran,” terang Ridhol Mujib.

Masa pembentukan KPPS Pemilu 2019 ini akan berlangsung mulai tanggal 28 Februari sampai 27 Maret.

Tenaga KPPS yang dibutuhkan tiap TPS adalah 7 orang. Sehingga KPU Lumajang membutuhkan sekitar 22.967 orang untuk Pemilu 2019 ini yang tersebar di 3.281 TPS. (hes)