Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Paska pengukuhan Relawan Demokrasi Pemilu 2019 beberapa hari lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang kembali melalukan konsolidasi 55 Relawan Demokrasi Pemilu 2019, Senin (28/1), di Rumah Pintar Pemilu “Kirana Agung ” KPU Lumajang.

Melalui pertemuan yang diselenggarakan Divisi Sosialisasi, Pendidikan, Pemilih, Partisipasi dan SDM ini, para Relawan Demokrasi mengevaluasi progres pemetaan basis pemilih Pemilu 2019, yang sebelumnya telah terbagi dalam 10 basis pemilih.

Para Relawan Demokrasi ini diharapkan dapat melakukan pemetaan sesuai dengan basis masing-masing. “Saya ingin memastikan Relawan Demokrasi ini sudah selesai melakukan pemetaan sasaran basis pemilihnya. Jangan sampai ada relawan yang belum paham dengan perannya,” terang Muhammad Ridhol Mujib selaku Komisioner KPU Lumajang Divisi Sosialisasi, Pendidikan, Pemilih, Partisipasi dan SDM.

Komisioner KPU Kabupaten Lumajang yang akrab disapa Edo ini berharap agar para Relawan Demokrasi semakin aktif untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat terutama di media sosial. Para Relawan Demokrasi yang sebagian besar terdiri dari anak muda ini juga diharapkan memberikan inisiatif baru dalam sosialisasi Pemilu 2019. Inisiatif tersebut dapat berupa potret selfie konsolidasi, meme, atau video yang menarik perhatian masyarakat.

“Para Relawan Demokrasi sudah mendapatkan chemistry per basis selama sepekan ini. Apalgi sebagian besar Relawan Demokrasi Pemilu 2019 ini terdiri dari anak-anak muda, sehingga diharapkan mereka punya inisiatif dan menarik perhatian masyarakat terutama di media sosial,” lanjutnya.

Selain melakukan evaluasi progres pemetaan basis pemilih, Relawan Demokrasi juga mendapatkan pembekalan terkait teknis Pemilu 2019 mendatang. Mereka diberikan pengarahan mengenai cara sosialiasi yang baik dan menarik untuk semua elemen masyarakat. (hes)