Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang terus gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan Pemilu 2019.

Melalui Relawan Demokrasi, KPU Kabupaten Lumajang melakukan sosialisasi di dua tempat sekaligus pada Senin (4/2).

Kali ini giliran MA Bustanul Ulum Desa Krai dan dilanjutkan ke SMAN Yosowilangun menjadi sasaran Relawan Demokrasi berbasis pemilih pemula.

Relawan Demokrasi terus bekerja tak kenal lelah mensosialisasikan Pemilu Serentak 2019.

Relawan Demokrasi yang merupakan kepanjangan tangan dari KPU ini juga memberikan penjelasan tentang jenis dan warna surat suara di Pemilu 2019.

Di antaranya, warna abu-abu untuk surat suara Presiden dan Wakil Presiden, warna kuning untuk DPR RI, warna merah untuk DPD, warna biru untuk DPRD Propinsi, dan hijau untuk DPRD Kabupaten.

M. Ridhol Mujib selaku Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Lumajang berharap pemilih pemula bisa menjadi pemilih cerdas yang memahami Pemilu 2019.

Komisioner yang akrab disapa Edo ini juga berharap pemilih pemula yang sudah memahami Pemilu 2019 ini juga bisa mensosialisasikan kepada teman dan keluarganya.

“Kalau di keluarga anaknya paham lebih dulu, nanti mudah mengajak orang tuanya yang kesulitan memahami lima jenis pemilu 2019 termasuk mengenalkan warna surat suaranya,” paparnya. (hes)