Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Pendaftaran calon Anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2019 mulai dibuka serentak di 205 Desa se-Kabupaten Lumajang pada hari ini, Rabu (6/3).

Pendaftaran yang dilakukan di kantor sekretariat PPS di desa/kelurahan se-Kabupaten Lumajang mulai diserbu pendaftar.

Pendaftar calon Anggota KPPS diharapkan dapat melengkapi berkas administrasi yang sudah disyaratkan.

Proses perekrutan anggota KPPS ini akan dilakukan oleh PPS setempat dan akan dimonitori oleh KPU Kabupaten dan PPK secara langsung.

Muhamad Ridhol Mujib Komisioner KPU Lumajang divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM mengaku telah melakukan koordinasi dengan PPK se-Kabupaten Lumajang untuk mengawasi proses perekrutan KPPS sesuai dengan wilayah masing-masing.

“Pengawasan ini dilakukan untuk memastikan pendaftaran anggota KPPS tidak ada kendala yang berarti. Ketika ada kendala, KPU Lumajang meminta PPK untuk melakukan koordinasi, agar tidak menjadi penghalang khususnya pendaftar calon anggota KPPS di wilayah kerjanya,” papar Komisioner yang akrab disapa Ridho itu.

Dalam pendaftaran anggota KPPS yang dibuka mulai tanggal 6 sampai dengan 12 Maret ini, KPU Lumajang memastikan anggota PPS selalu standby di kantor sekretariat setiap hari di jam kerja, pukul 08.00 hingga 16.00.

“Tapi jika ada pendaftar yang ingin mendaftar di luar jam kerja, kalau memungkinkan, bisa dilayani secara bijak dan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tambahnya. (hes)