Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Sosialisasi Pemilu 2019 terus gencar dilakukan KPU Kabupaten Lumajang. Melalui Fasiltiasi PPK Jatiroto, KPU menggelar sosialisasi di SMK Muhammadiyah Jatiroto, Selasa (19/2).

Sosialisasi ini dilakukan PPK Jatiroto ini juga melibatkan Relawan Demokrasi Pemilu 2019.

Kedatangan tim sosialisasi disambut antusias oleh peserta yang berjumlah 90 siswa tersebut. Sebagian besar siswa yang mengikuti sosialisasi ini merupakan pemilih pemula yang memang membutuhkan informasi mengenai Pemilu.

Dengan gamblang, Anggota PPK yang membidangi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, menyampaikan materi Pemilu yang meliputi waktu pemungutan suara, cara memeriksa apakah sudah terdaftar pada DPT, cara pindah memilih, tata cara memilih, dan deskripsi contoh surat suara yang sah dan tidak sah.

“PPK mengajak para siswa untuk tidak golput dan menggunakan hak suaranya dengan bijak di TPS tanggal 17 April nanti.” ujar Muhamad Ridhol Mujib Komisioner KPU Kabupaten Lumajang.

Siswa SMK Muhammadiyah Jatiroto semakin antusias ketika PPK dibantu relawan mengadakan kuis berupa pertanyaan, dan juga memberikan pengetahuan Pemilu melalui permainan ular tangga Pemilu. Semua pertanyaan mampu dijawab dengan benar oleh para siswa. Bahkan mereka mengaku lebih paham pemilu melalui permainan ular tangga.

“Seorang siswa bernama Iqbal menanggapi positif kegiatan sosialisasi ini. Apalagi ketika ada permainan ular tangga pemilu di sela-sela sosialisasi. ungkap Ridho panggilan akrab Divisi yang membidangi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Lumajang ini.(hes)