Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Lumajang mendampingi PLt Bupati Lumajang Buntaran Supriyanto mengecek keseiapan logistik Pilgub Jatim maupun Pilbup Lumajang 2018, di Gudang Amanda Jalan Panjaitan, kamis (21/6). Dalam kesempatan tersebut Siti Mudawiyah Ketua KPU Lumajang didampingi Anggota KPU Lumajang lainnya menjelaskan proses setting dan packing logistik sebelum nantinya didistribusikan ke PPK se-Kabupaten Lumajang. Menurut Siti Mudawiyah hingga dua hari kedepan KPU harus segera bisa menyelesaikan tugas pengepakan seluruh logistik ke dalam kotak suara.

“Hari ini hingga dua hari kedepan kita harus selesaikan pengepakan seluruh kebutuhan logistik ke dalam kotak suara. Semua kelengkapan TPS mulai dari peralatan coblos, surat suara hingga formulir untuk penghitungan suara di TPS harus sudah masuk kotak suara dan siap didistribusikan ke PPK” ujarnya.

Pendistribusian ini kata Mudawiyah, harus tepat waktu, dan isinya harus lengkap sesuai ketentuan Peraturan Komisi Pemilihan Umum. Jadwal pendistribusian ke PPK paling lambat 24 Juni 2018. Selanjutnya 25-26 Juni PPK mendistribusikan ke PPS. “Kita pastikan tanggal 27 Juni KPPS sudah menerima logistik Pilkada dalam kotak suara dengan keadaan lengkap tersegel” katanya.

Sementara itu Buntaran Supriyanto PLt. Bupati Lumajang mengaku kedatangannya hanya ingin memastikan kesiapan pendistribusian logistik tersebut untuk Pilbup Lumajang ini tidak ada kendala yang berarti. Pihaknya berharap KPU harus bisa bekerja profesional dan berhati-hati, sebab losistik ini merupakan barang vital bagi penyelenggaraan Pilbup Lumajang ini. “kalau dikerjakan dengan profesional dan hati-hati saya yakin kendala penyiapan losgistrik dan pendistrbusiannya bisa diminimalisir” katanya.

Usai mengecek seluruh kegiatan setting dan packing logistik, Buntaran meminta kepada KPU Kabupaten Lumajang serta PPK, PPS hingga KPPS harus bisa mengajak masyarakat untuk hadir pada hari pemungutan suara 27 Juni 2018. “kalau semua logistik sudah siap terdistribusi, tinggal bagaimana seluruh penyelenggaranya bisa meningkatkan partisipasi masyarakat saat coblosan nanti” pungkasnya.