Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id– Kepala Sub Direktorat Pengamanan Obyek Vital Kepolisian Daerah Jawa Timur, AKBP Purnomo Budi Santoso mengunjungi Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang, di jalan veteran 70 kamis (5/4). Kunjungan yang bersama 4 orang anggota dari satuannya tersebut, diterima  Anggota KPU Lumajang Divisi Keuangan Umum dan Logistik Yusuf Adi Pamungkas, memastikan pengamanan KantorKPU Kabupaten Lumajang selama tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur dan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang 2018 terjaga dan steril dari tindakan-tindakan yang mengganggu stabilitas tahapan.

Dia menjelaskan kegiatan supervisi ini rutin digelar selama tahapan Pemilihan serentak berjalan untuk memastikan pengamanan Kantor KPU sebagai obyek vital dalam penyelenggaraan Pilkada. Kepastian pengamanan ini terlihat adanya anggota kepolisian dari POLRES Lumajang yang selama 24 jam berjaga di kantor KPU. “Kami tidak ingin terjadi sesuatu yang bisa mengganggu keamanan dalam Pilkada ini. Untuk Kantor KPU sebagai tempat vital penyelenggara Pilkada harus bener-bener dijaga selama 24 jam oleh anggota kita” jelasnya.

Sesuai protap dari POLRI anggota yang berjaga di kantor KPU minimal 4 orang dan bisa ditambah ketika dibutuhkan dan ada hal yang mendesak. Namun Purnomo memastikan bahwa pelaksanaan Pilkada di Lumajang selama beberapa bulan ini masih tergolong kondusif. “Kondisi ini bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kondisi dan karakteristik daerah. Tapi kami yakin Pilkada Lumajang bisa kondusif dan POLRES Lumajang khususnya akan selalu bekerjasama dan berkoordinasi dalam menjaga stabilitas keamanan dalam Pilkada kali ini” terangnya.

Sementara Yusuf Adi Pamungkas, Divisi Keuangan, Umum dan Logistik mengucapkan terima kasih atas kunjungan DITPAMOBVIT POLDA JATIM ini. Sebab koordinasi informal ini agar bisa saling menginformasikan setiap perkembangan keamanan yang terjadi di lingkungan KPU Kabuapten Lumajang. “Kami mewakili Ketua KPU Lumajang yang kebetulan ada Dinas Luar mengucapkan terima kasih banyak atas kunjungannya semoga pelaksanaan Pilkada di Lumajang berlangsung aman dan damai. Setiap perkembangan kita komunikasikan melalui jajaran POLRES Lumajang” ucapnya.

Setelah kunjungan ke KPU, rombongan akan meneruskan kunjungannya ke Kantor Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten dengan agenda yang sama mengecek pengamanan kantor yang beralamat di Jl. Pisang Gajih Nomor 1 Lumajang.