Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Pihak Kepolisian Resort Lumajang menggelar apel pasukan menghadapi Pemilu 2019 pada Jumat (22/3).

Apel tersebut mengambil tema meningkatkan sinergitas Polri, TNI, dan komponen bangsa lainnya untuk mewujudkan keamanan yang kondusif.

“Apel yang digelar di Stadion Semeru Lumajang ini dihadiri oleh segenap komponen dari Polri, TNI, dan pihak penyelenggara Pemilu (KPU Kabupaten Lumajang, PPK, Bawaslu, Panwascam).” ujar Siti Mudawiyah Ketua KPU Kabupaten Lumajang usai apel.

Selain itu, pasukan keamanan lain seperti Pagar Nusa, Mustika terkait, Intel Polres, Satpol PP, Hansip, dan Linmas juga hadir dalam acara tersebut.

Apel dibuka dengan pembacaan pidato oleh komandan Kodim 0821, Letkol. Inf. Ahmad Fauzi dan dilanjutkan sambutan oleh Kapolres Lumajang, AKBP M. Arsal Sahban.

“Selanjutnya, apel dilanjutkan dengan simulasi keamanan di H-3 pencoblosan (masa tenang), dengan menertibkan baliho atau banner yang marak di jalanan oleh Bawaslu dan jajarannya dibantu dengan Satpol PP.” terang Mudawiyah panggilan akrabnya.

Simulasi pungut hitung pada hari H pelaksanaan Pemilu, 17 April juga dilakukan dalam apel tersebut.

Simulasi tersebut juga disertai dengan kondisi ketika terjadi protes dari saksi yang tidak puas dengan hasil perhitungan suara.

“Simulasi ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kinerja pihak keamanan dalam mengatasi kondusifitas ketika menghadapi bentrok saat di tempat kejadian.” pungkasnya. (hes)