Lumajang,kpud-lumajangkab.go.id- Panitia Pemilihan  Kecamatan Kedungjajang mengadakan sosialisasi Pemilihan   Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim serta  Bupati dan Wakil Bupati Lumajang Tahun 2018 di enam desa secara serentak. Dalam kesempatan ini PPK kedungjajang mengundang anggota KPU Divisi SDM dan Parmas M.Ridhol Mujib  sebagai narasumber, dengan menghadirkan RT dan RW dari keenam desa tersebut, sekitar 215 perwakilan  RT dan RW yang mengikuti sosialisai ini.(Sabtu, 12/5).

 Ridho mengajak seluruh peserta untuk memilih pemimpin dengan selektif. Namun sebelum itu masyarakat harus mengetahui siapa calonnya. “Melalui sosialisasi ini kami ingin mengenalkan Paslon  Pilgub Jatim dan Paslon pilbup Lumajang 2018,, agar saat nyoblos nanti tahu nomor urut, foto dan  namanya” ujarnya.

Dia juga mengatakan dalam materinya berbagai informasi seputar pelaksanaan Pilkada Jatim, serta pentingnya Pilkada Serentak yang akan digelar pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

Di sisi lain,  Ridhol  tidak lupa mengajak peserta untuk menggunakan hak pilihnya serta memilih calon pemimpin secara selektif. “Sebagai Pemilih, harus bisa lebih selektif dalam memilih calon pemimpin melalui pilkada tidak terpengaruh oleh apapun  dan pilih lah pemimpin yang sesuai dengan keyakinan melalui visi dan misinya. Karena semua kebijakan di negara ini tidak lepas dari proses politik sebagai hasil dalam pemilu atau pilkada,” Ujar Ridho

Selanjutnya Komisioner KPU Lumajang ini berharap pula, partisipasi masyarakat dalam pemilu atau pilkada tidak hanya berhenti saat ini saja, tapi semua pihak harus  bisa menginformasikan ke semua Pemilih di  wilayahnya. “Harapan Kami, bapak- bapak RT dan RW di sini juga bisa menjadi bagian dalam proses Pilkada dengan terus menggaungkan Pilkada kepada warganya. “Tanggung jawab suksesnya penyelenggaraan pilkada itu bukan hanya dipundak KPPS, PPS, PPK, ataupun KPU, tapi RT/ RW juga punya tanggung jawab sebagai unsur pemerintah desa yang paling bawah” terang Ridho

Selain di Kecamatan Kedungjajang, sosialisasi ini juga diadakan di 20 kecamatan lainya di Kabupaten Lumajang yang dilakukan oleh masing masing PPK sesuai dengan  daerahnya. Harapanya dengan diadakan sosialisasi ini targetnya pada bulan mei RT dan RW di kabupaten Lumajang sudah mengetahui tahapan Pilkada Tahun 2018 untuk Pemilihan Gubernur Jatim dan Wakil Gubernur Jatim serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang dan bisa meneruskan infomasi yang diperolehnya pada lingkungan sekitarnya.

Untuk mengingatkan siapa calon Gubernur dan Calon Bupatinya, Pasangan Calon yang akan dipilih nantinya oleh masyarakat Yakni Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur yakni, Nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak sedangkan Paslon Nomor urut 2 Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno, sedangkan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lumajang Nomor urut 1 H. Thoriqul Haq, M.ML dan Ir. Hj. Indah Amperawati M.Si, Nomor urut 2 H. As’at M.Ag dan H. Thoriq sedangkan Paslon Nomor Urut 3 H. Rofik SH, MH dan Ir. Nurul Huda.