Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang telah usai menyelenggarakan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Sosialisasi Pendidikan Pemilih (Sosdiklih) Pemilu 2019 pada Kamis (7/2) di Ruang Rapat Rumah Pintar Pemilu “Kirana Agung” KPU Lumajang.

Rakor yang dihadiri oleh perwakilan PPK se-kabupaten Lumajang itu membahas tentang kegiatan sosialisasi untuk seluruh lapisan masyarakat.

Muhammad Ridhol Mujib selaku Komisioner KPU Kabupaten Lumajang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM mengatakan bahwa PPK merupakan bagian terpenting agenda sosialisasi kepada masyarakat yang paham dengan karakter dan kultur di daerahnya.

Komisioner yang akrab disapa Edho ini menargetkan sosdiklih oleh PPK harus selesai di bulan Februari. Karena di bulan Maret dan April, PPK akan fokus di teknis perhitungan surat suara.

“Sosialisasi oleh PPK harus massif demi partisipasi masyarakat dalam pemilu meningkat dan memenuhi target partisipasi nasional 77,5%,” tegas Edho.

Sehingga KPU Lumajang berharap agar pembagian basis sosdiklih PPK harus dilaksanakan secara maksimal dan tidak manipulatif. Setiap kegiatan sosdiklih harus segera dilaporkan kepada KPU Lumajang.

Dalam pelaksanaannya, Edho berharap sosdiklih yang dilakukan PPK sesuai dengan kondisi, kultur, dan karakteristik masyarakat di masing-masing kecamatan. Hal tersebut bertujuan agar sosdiklih tepat sasaran dan bisa mengakomodir seluruh lapisan masyarakat di daerah tersebut.

PPK juga nantinya akan dibekali beberapa alat peraga berupa specimen surat suara, brosur, serta ex-banner untuk menunjang kegiatan sosdiklih ini.

“Kalau (sosdiklih) belum meng-cover seluruh lapisan masyarakat, PPK juga bisa melakukan sosdiklih tanpa harus difasilitasi anggaran dari KPU melalui forum-forum warga di tingkat kecamatan maupun di tingkat desa,” lanjutnya. (hes)