Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Sosialisasi Pemilu kembali dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Kali ini giliran PPK Sukodono menyasar siswi di MA Miftahul Midad yang sekaligus nyantri di Ponpes Miftahul Midad  yang berlokasi di Desa Sumberejo Kecamatan Sukodono Lumajang, Sabtu (23/2).

Sosialisasi dimulai sejak pukul 10.00 WIB hingga 12.30 WIB dan dihadiri siswi kelas XII yang berjumlah 113 orang.

Seperti sosialisasi-sosialisasi yang pernah dilakukan sebelumnya, PPK Sukodono memberikan materi Pemilu kepada para siswa.

Materi tersebut meliputi waktu pelaksanaan Pemilu, calon peserta pemilu, syarat menjadi pemilih, dapil daerah, syarat dan tata cara pindah milih, jenis dan warna surat suara, serta tata cara mencoblos yang sah.

“Sosialisasi berjalan dengan lancar dan mampu membangkitkan semangat para siswi. Banyak pertanyaan yang muncul dari peserta sosialisasi.” Ujar Muhamad Ridhol Mujib, Komisioner KPU Kabupaten Lumajang.

Kebanyakan pertanyaan umum yang diberikan siswi adalah tentang sikap pemilih pemula menghadapi Pemilu 2019.

“Dengan hati-hati, anggota PPK menjawab pertanyaan tersebut mengingat para siswi tergolong pemilih pemula yang baru akan menggunakan hak pilihnya pertama kali di Pemilu 2019 ini.” Pungkas Ridho Komisioner KPU yang membidangi pendidikan pemilih ini. (hes)