Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Yosowilangun mengadakan Rapat Kerja bersama dengan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Se-Kecamatan Yosowilangun yang bertempat di Balai Pendopo Kecamatan Yosowilangun pada hari Senin (19/2/2018). Raker ini untuk mensukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Bupati dan Wakil Bupati Lumajang 2018 dengan tetap menjaga netralitas dan terus mensosialisasikan setiap tahapan dalam Pemilihan serentak tahap ketiga ini. Dalam kesempatan tersebut Anggota PPK Yosowilangun, Radetheryan Firdiansyah meminta ke seluruh anggota  PPS yang hadir agar tak bosan menyampaikan kepada masyarakat seluruh tahapan yang ada.

 Ada berbagai cara yang bisa dijadikan media sosialisasi agar masyarakat lebih mudah memahami pesan yang ingin disampaikan penyelenggara. Misalkan melalui media sosial ataupun dengan mengadakan sosialisasi tatap muka kepada tokoh masyarakat maupun tokoh agama.“Sebagai penyelenggara kita tidak boleh lelah mensosialisasikan tahapan Pemilihan kepada pemilih. Dengan cara apapun kita harus bisa menyampaikan ajakan untuk berpartisipasi pada 27 Juni 2018 untuk datang ke TPS memilih cagub dan cawagub Jatim serta cabup dan cawabup lumajang, termasuk melalui medsos ataupun dialog dengan masyarakat langsung” ujarnya.

Anggota PPK Divisi Perencanaan dan Data Kecamatan Yosowilangun ini menegaskan Bahwa Semua Penyelenggara Pilkada Serentak Tahun 2018 di Kecamatan Yosowilangun harus sudah bisa memetakan kelompok-kelompok masyarakat yang akan dijadikan sasaran dalam mensosialisasikan Pilkada kali ini. “Agar berjalan efektif dalam sosialisasi seharusnya PPS sudah menginventarisir kelompok pengajian, forum-forum warga serta tokoh-tokoh nya” tegas Redethe.

Meski demikian dirinya berpesan agar saat sosialisasi ke masyarakat bisa menjaga netralitas sebagai Penyelenggara. Apalagi terkesan cara penyampaianya memperlihatkan sikap keberpihakan kepada salah satu Pasangan Calon. “Kalau itu nantinya terbukti partisan Paslon selain pelanggaran etik juga dapat menimbulkan prasangka masyarakat terhadap penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 tidak berintegritas” pesannya.

Pada Kegiatan Rapat Kerja Kali ini di hadiri oleh 36 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Se-Kecamatan Yosowilangun dan 12 Sekretaris PPS Se-Kecamatan Yosowilangun. Sedangkan Raker ini dimulai pada pukul 14:00 Wib dengan menggunakan anggaran Rapat Kerja yang sudah di agendakan Oleh KPU Kabupaten Lumajang.(do/ist)