Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Setelah ditetapkannya Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2019 oleh KPU kabupaten Lumajang, seluruh Panitia Pemungutan Suara se-Kabupaten Lumajang menempelkan DPS di kantor desa/kelurahan masing-masing sejak senin (18/6). Penempelan tersebut dilakukan agar masyarakat mengetahui dan bisa memberi tanggapan terkait daftar pemilih tersebut. Penempelan dilakukan serentak, sebab paling lambat harus sudah tertempel pada pukul 24.00 WIB. Hal tersebut disampaikan Syamsul Anggota KPU Kabupaten Lumajang Divisi Perencanaan dan Data saat mengecek ke salah satu PPS di wilayah kecamatan Lumajang.

Menurutnya, penempelan DPS Pemilu wajib dilakukan oleh PPS. Mengingat masyarakat harus mengetahui apakah namanya sudah terdaftar dalam daftar pemilih untuk Pemilu 2019 mendatang. “Masyarakat bisa memberikan masukan dan tanggapan atas diumumkannya DPS di desa atau keluarahannya masing-masing” ujarnya.

Tahapannya kata Syamsul, sesuai PKPU Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas PKPU 7 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019. Yakni diumumkan mulai tanggal 18 Juni hingga 1 Juli 2018. “Kesempatan masyarakat untuk memberikan tanggapan DPS ini sejak diumumkan hingga 8 Juli” katanya.

Hal itu dilakukan, lanjutnya sebab tahapan berikutnya mulai tanggal 8 Juli hingga 21 Juli akan dilakukan perbaikan DPS, berdasarkan tanggapan dan masukan masyarakat. Ada waktu perbaikan DPS dan perbaikan DPSHP sebelum nantinya ditetapkan menjadi DPT. “Jadwalnya perbaikan DPS 14 hari kemudian perbaikan DPSHP 13 hari” pungkasnya.