Sidoarjo,kpud-lumajangkab.go.id– Anggota KPU kabupaten Lumajang, Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat, M. Ridhol Mujib didampingi Kepala Sub Bagian Teknis dan Hubungan Masyarakat, Ida Nur Farida mengikuti Rapat koordinasi persiapan kampanye pemilihan serentak 2018 yg digelar KPU Jatim di kantor KPU Kabupaten Sidoarjo. Rakor yang dilaksanakan di hari Sabtu (19/1) ini menurut Ridho diikuti 38 KPU Kabupaten/kota dalam rangka jelang tahapan kampanye pilkada yg tinggal sebulan lagi.

Banyak hal yg harus disamakan persepsinya terkait kampanye agar tidak salah saat merealisasikan apalagi ini menyangkut kepentingan pasangan calon gubernur dan Wagub gubernur Jatim, serta Paslon Bupati dan Wakil Bupati Lumajang.”KPU Lumajang harus bisa memfasilitasi kepentingan Paslon saat kampanye tapi tentunya tetep dalam koridor aturan PKPU 4 tahun 2017 tentang kampanye” ujarnya di sela-sela rakor, Jum’at (19/1/2018).

Dia mencontohkan, seperti penyediaan bahan kampanye dan alat peraga kampanye selain difasilitasi KPU, Paslon juga bisa memperbanyak sesuai ketentuan di PKPU, “kalau diketentuannya kan 100% utk bahan kampanye sedangkan 150% utk alat peraga kampanye Paslon bisa memperbanyak dari jumlah yg disediakan KPU” katanya.

Dan yang tak kalah pentingnya lanjut ridho, terkait penjadwalan kampanye yg jadwalnya cukup lama, yakni selama 4 bulan terhitung 3 hari setelah penetapan pasangan calon oleh KPU.”karena masa kampanye cukup perlu dijadwal agar tidak berbenturan waktu kampanye antar Paslon. Ini yg harus kita antisipasi” lanjutnya.

Ridho berharap, rakor kali ini bisa jadi bahan KPU Lumajang dalam mengkoordinasikan terkait apa yang diperbolehkan dan yang dilarang dalam kampanye.”sanksi akan menghadang jika aturan kampanye dilanggar, maka KPU wajib menyampaikan hasil rakor ini kepada Paslon” pungkasnya.(mm/do)