Batu, kpud-lumajangkab.go.id – KPU Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan di Hotel Purnama, Batu.

Rapat koordinasi yang digelar selama dua hari yakni tanggal 8 s.d 9 Oktober 2019 ini diikuti oleh Anggota KPU divisi Perencanaan Data dan Informasi (Perdatin) didampingi seorang Operator Sidalih.

Rapat Koordinasi Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan ini bertujuan untuk mengurangi angka Daftar Pemilih Khusus (DPK) yang jumlahnya sangat besar.

Dalam rakor ini, KPU Kabupaten Lumajang diwakili oleh Sohudi selaku anggota KPU Kabupaten Lumajang dan Wedarini Karikasari selaku Operator Sidalih.

Acara dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Jatim, Choirul Anam. Dalam sambutannya, Choirul Anam mengatakan bahwa pemutakhiran daftar pemilih berlanjutan sangat penting dilakukan untuk menghasilkan Daftar Pemilih Tetap yang valid.

“Pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan ini juga dilakukan untuk persiapan Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2020 karena berpedoman PKPU No 2 Tahun 2016 KPU Kabupaten/Kota wajib melaksanakan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan”, ujar Choirul Anam.

Choirul Anam juga menambahkan bahwa kevalidan Data Pemilih sangat penting bagi terselenggaranya Pemilu berkualitas karena berkaitan erat dengan partisipasi pemilih di masyarakat. (hes)