Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id- Mengawali tahapan Pemilu di tahun 2019 Panitia Pemilihan Kecamatan Pasirian terus berupaya memantapkan jajaran penyelenggara Pemilu 2019 dibawahnya dalam rangka penyusunan Daftar Pemilih Khusus dan Daftar Pemilih Tambahan. Acara yang digelar di Kantor Kecamatan Pasirian ini, PPK meminta agar PPS bisa memastikan adanya pemilih yang berlum terdaftar dalam DPT tapi yang bersangkutan sudah mempunyai identitas diri. Selain itu PPS juga harus memahami jika ada pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT namun karena keadaan tertentu mereka ingin pindah milih, maka PPS harus bisa memfasilitasi dengan mengeluarkan formulir A.5 sebagai syarat bagi pemilih yang akan pindah pilih baik dari TPS sesuai DPT nya maupun di luar desanya.

Pemahaman tersebut disampaikan Anggota PPK Pasirian Anis Satul Choiroh kepada PPS se-Kecamatan Pasirian, Rabu (9/1). Menurutnya, PPS sebagai penyelenggara yang bersinggungan secara langsung dengan pemilih harus memahami ketentuan tentang adanya Daftar Pemilih Khusus dan Daftar Pemilih Tambahan. “Pastikan semua kebutuhan pemilih terfasilitasi dengan baik oleh PPS. Baik yang masuk dalam kategori DPK maupun yang masuk dalam DPTb” ujarnya

Utuk itu Dwi memastikan seluruh anggota PPS harus mampu menunjukkan kesolidan dengan cara bekerja secara professional. Selain itu perlunya sinergitas antara sesama penyelenggara Pemilu lainnya. “Tunjukkan kalau PPK dan PPS Pasirian ini solid mampu bekerja penuh waktu bahkan dengan Panwascam dan Panwas Desanya. Sehingga penyusunan DPK maupun DPTb terlaksana sesuai ketentuan dengan terpenuhinya hak pilih warga” pungkasnya.

Dia berharap di awal tahun 2019 jadikan sebagai momen penting untuk memantapkan kembali pemahaman tentang tahapan pemilu agar pelaksanaan Pemilu 2019 di wilayah Pasirian berjalan sukses dan tidak ada kendala yang berarti. (res)