Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Penyusunan dan Rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Pemilu tahap pertama telah selesai dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Kini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang menggelar Rapat Evaluasi Penyusunan DPTb Pemilu 2019 pada Jumat, (22/2).

Syamsul selaku Komisioner Perencanaan Data dan Informasi memimpin acara evaluasi yang dihadiri Divisi Data dan Informasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Lumajang.

Dalam rapat evaluasi itu, Syamsul mengimbau agar panitia penyelenggara Pemilu untuk menikmati proses pengisian Sistem Informasi Data Pemilih (sidalih).

“Pengisian Sidalih ini harus dinikmati, agar pekerjaan bisa tuntas sesuai tahapannya,” ujar Syamsul.

Seluruh panitia penyelenggara Pemilu diharapkan dapat mengerti semua persoalan pemilih. Terutama tentang seseorang yang masuk DPTb maupun DPK.

“Terkait data pemilih sekarang, dengan adanya formulir A5 atau pindah pilih, bentuk kemudahan yang difasilitasi KPU untuk pemilih,” tegas Syamsul.

Sehingga, Syamsul meminta panitia penyelenggara untuk berhati-hati menentukan sikap saat berurusan dengan persoalan pemilih. Semua panitia diharapkan memutuskan sikap sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Rapat evaluasi dilanjutkan dengan diskusi secara kekeluargaan. Berbagai macam pertanyaan tentang data pemilih dilontarkan oleh peserta rapat. Kebanyakan pertanyaan terdiri dari contoh kasus pemilih yang terjadi di wilayahnya masing-masing. (hes)