Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id – Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dilakukan secara serentak di tiap kecamatan se-Kabupaten Lumajang pada Minggu (17/2).

Dalam pelaksanaan Rapat Pleno tersebut, Eka Rahmawati selaku anggota Bawaslu Propinsi Jawa Timur berkesempatan mendatangi rapat pleno terbuka di PPK Klakah.

Dalam kesempatan tersebut, Dia mengimbau agar sesama penyelenggara Pemilu harus saling mendukung dan mengingatkan tugas dan peran masing-masing agar terwujud pesta demokrasi yang aman dan lancar.

“Sesama penyelenggara Pemilu jangan sampai ada yang saling menjatuhkan dengan berusaha menyelesaikan setiap permasalahan ditingkat bawah sebisa mungkin,” ujar Eka saat menghadiri Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPTb di Kecamatan Klakah.

Eka juga meminta kepada PPK dan PPS yang merupakan kepanjangan tangan dari KPU untuk terus mengingatkan masyarakat untuk menangkal berita hoaks yang memang bertujuan menggerus kepercayaan publik kepada penyelenggara Pemilu.

Selain itu, Eka mengingatkan PPK dan PPS untuk berkomitmen penuh terhadap penyelenggaraan Pemilu pada 17 April mendatang.

“Bawaslu Kabupaten/Kota punya kewenangan mengeluarkan rekomendasi kepada KPU agar menindak PPK/PPS/ KPPS apabila ada temuan pelanggaran. Jika ada masukan dari luar bila bawahan kami yang tidak netral, maka kami akan proses sesuai dengan aturan yang berlaku,” tegasnya.

Sementara itu, seperti yang diketahui, penyusunan rekapitulasi DPTb tahap pertama telah dilakukan sejak Jumat (15/2) lalu.

Syamsul selaku Komisioner Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kabupaten Lumajang sebelumnya telah menargetkan penyusunan rekapitulasi DPTb harus selesai di Rapat Pleno Terbuka yang digelar hari ini (17/2).

“Harapan saya, rekapitulasi DPTb selesai di tahap pertama. Jadi nanti kita mikir persoalan yang lain, bukan hanya DPTb saja,” ucap Syamsul.

Selanjutnya rekapitulasi DPTb tingkat kabupaten akan digelar besok (Senin, 18/2), yang akan dihadiri Ketua dan anggota PPK yang membidangi data pemilih, Bawaslu kabupaten dan peserta pemilu 2019 tingkat kabupaten. (hes)