Lumajang, kpud-lumajangkab.go.id– Sebanyak seratus orang karyawan Pabrik Gula Jatiroto Lumajang Jawa Timur antusias mengikuti sosialiasi yang digelar Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang. Mereka dengan seksama menyimak penyampaian sosialisasi yang diberikan oleh Anggota KPU Lumajang Divisi Keuangan, Umum dan Logistik Yusuf Adi Pamungkas di aula pertemuan PG Jatiroto Lumajang, kamis (29/3). Sosialisasi ini sengaja dilakukan mengingat selama ini KPU Lumajang belum pernah sosialisasi menyentuh karyawan PG Jatiroto yang jumlahnya ribuan. Dengan kegiatan sosialisasi Pemilihan serentak 2018 ini para karyawan bisa mengetahui tentang tahapan Pilkada yang sudah berlangsung selama hampir 7 bulan ini. Meskipun sosialisasi ini hanya melibatkan seratusan karyawan pabrik, namun harapannya karyawan yang hadir bisa memberitahukan kepada karyawan yang lain agar nanti bisa berpartisipasi dalam Pilkada pada tanggal 27 Juni 2018.

Dalam penyampaiannya, Yusuf panggilan akrabnya mengajak seluruh karyawan PG jatiroto agar ikut berpartisipasi dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Bupati dan Wakil Bupati Lumajang tahun 2018. Bentuk partisipasi yang dimaksud yakni mengikuti semua tahapan Pemilihan serentak tersebut. Mulai dari tahapan pemutakhiran daftar pemilih hingga tahapan pemungutan suara pada tanggal 27 Juni 2018.

“Semua karyawan PG harus mengikuti dan mengetahui tahapan Pilkada serentak tahun ini. Yakni saat pencoklitan semua harus terdata oleh PPDP di masing-masing desanya. Sekarang tinggal dicek nama anda apa sudah masuk dalam Daftar Pemilih Sementara yang sudah diumumkan di balai desa atau balai dusun di wilayah TPS masing-masing. Yang tidak ikut kali ini bisa diberitahu minimal mengerti kapan hari pencoblosannya” ajak Anggota KPU Divisi KUL ini.

Dalam Pemilihan serentak 2018 ini Yusuf menyebutkan nantinya Pemilih akan menerima dua surat suara saat di Tempat Pemungutan Suara di hari Pemungutan Suara. Diantaranya surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur dan satu surat suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lumajang. “Nanti saat pencoblosan pemilih akan menerima dua surat suara. Masing-masing untuk Pilgub dan Pilbup. Dan semuanya harus dicoblos tapi yang sah mencoblos hanya mencoblos satu Pasangan Calon saja baik Gubernur maupun Bupatinya. Yakni untuk Pasangan Calon Gubernur Jatim ada dua Paslon sedangkan Bupati Lumajang ada tiga Paslon” jelasnya sambil mensimulasikan cara mencoblos yang benar.

Usai menerangkan, kembali dia menekankan bahwa kehadiran karyawan PG Jatiroto merupakan bentuk partisipasi yang harus didorong oleh KPU Lumajang guna kepentingan Jawa Timur dan Kabupaten Lumajang untuk memilih Pemimpin yang mampu mengemban amanah rakyatnya dalam 5 tahun yang mendatang.

Seperti yang telah ditetapkan KPU Jatim dan KPU Lumajang pada 12 Pebruari 2018 lalu, Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur yakni, Nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak sedangkan Paslon Nomor urut 2 Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno. Sementara Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lumajang Nomor urut 1 H. Thoriqu Haq, M.ML dan Ir. Hj. Indah Amperawati M.Si, Nomor urut 2 H. As’at M.Ag dan H. Thoriq sedangkan Paslon Nomor Urut 3 H. Rofik SH, MH dan Ir. Nurul Huda.